ADVERTISEMENT

Trik Ampuh Anak 27 Tahun Punya 11 Bisnis Kos-kosan dalam 2 Tahun dari Uang Sendiri

Sabtu, 22 Juli 2023 06:46 WIB

Share
Anthony Sudarsono pemilik 11 bisnis kos-kosan di Yogyakarta berusia muda. Foto: Capture Youtube.
Anthony Sudarsono pemilik 11 bisnis kos-kosan di Yogyakarta berusia muda. Foto: Capture Youtube.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ada cerita menarik dari pemilik 11 bisniskos-kosan bernama Anthony Sudarsono ini. 

Bagaimana tidak, dalam 2 tahun, dirinya sudah bisa membeli 11 property yang kemudian dijadikannya sebagai ladang bisniskos-kosan. Dia tak sungkan untuk merinci bagaimana trik mendapatkan itu semua.

Sekadar diketahui, sebelum dikenal sebagai pelaku bisniskos-kosan, Anthony Sudarsono adalah founder dan CEO Sumo Squid.

Sumo Squid sendiri merupakan salah satu bisnis franchise yang tersebar di berbagai kota besar seluruh Indonesia dan meraih banyak penghargaan.

Sebelum terkenal dan sukses seperti sekarang, dulunya Anthony cuma lulus SMP, lalu ambil paket C, dan akhirnya berakhir DO di empat kampus berbeda.

Dalam ceritanya, perkenalan pertama dengan bisnis property dimulai ketika ikut seminar yang menghadirkan pembicara-pembicara terkemuka. Karena menyadari pentingnya mengelola finansial, Anthony terjun ke dunia properti bermodal dari omzet Sumo Squid-nya.

Rintis Bisnis Kos-kosan dari Berawal dari Cumi Goreng

Cerita manis Anthony memiliki 11 bisniskos-kosan di Yogyakarta dimulai ketika usianya menginjak 23 tahun. Ketika itu, dia sudah mantap mengarungi bisnis FnB yang dikelolanya sejak enam tahun ke belakang.

"Awal mulanya, memang FnB, 6 tahun yang lalu. Baru lanjut ke property. Saya masuk dunia FnB usia 19 tahun, atau kuliah baru semester 1. Saya temukan ide jualan cumi goreng krispi yang kemudian dijual di mal-mal," kata dia disitat di saluran Youtube Christine Lie, Sabtu 22 Juli 2023.

Sebenarnya usaha Sumo Squid yang digelutinya hanya sekadar perantara untuk menggapai cita-citanya memiliki usaha property. Namun karena bisnis property mengharuskan memiliki budget tinggi, Anthony akhirnya masuk ke dunia FnB yang dianggapnya paling murah.

Untuk membangun Sumo Squid pertama kali, dia menggunakan duit angpao yang dikumpulkannya sejak 10 tahun silam. Angpao-angpao itu dikumpulkan berjumlah Rp 15 juta.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT