ADVERTISEMENT

Inilah Bisnis Kos-kosan Model Baru di Masa Depan, Edisi Lawas Dijamin Banting Harga dan Ditinggal

Sabtu, 22 Juli 2023 09:51 WIB

Share
Andi Kingkost ungkap prospek bisnis kos-kosan ke depan. Foto: Capture Youtube.
Andi Kingkost ungkap prospek bisnis kos-kosan ke depan. Foto: Capture Youtube.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bisniskos-kosan di era kekinian ternyata kian berubah dari waktu ke waktu. Hal ini seiring dengan kebutuhan para penghuninya.

Menurut pengusaha property Andi Kingkost, tren bisniskos-kosan ke depan memang telah mulai membentuk pada ceruk baru. Di mana para pemilik rumah kos, wajib mengikuti tren agar tetap menjadi pilihan para calon penghuni.

Andi Kingkost sendiri mengaku selalu mencoba mengikuti perkembangan kebutuhan bisniskos-kosan, karena prinsip yang bisa mengikuti zaman yang akan bertahanlah selalu dipegang teguh olehnya.

Andi Kingkost sendiri sampai ikut mendalami bisnis peluang kos-kosan di Metaverse. Walau harga tanah tanpa wujud di dunia maya itu mulai naik daun, paling tidak dia tentu akan bersiap mengikutinya kendati harga mahal, apabila tren kecenderungan ke arah sana semakin besar.

Andi kemudian mengurai seperti apa tren kos-kosan di masa depan. Terkait hal ini, dia kemudian merinci soal jenis kos apa yang akan ditinggalkan atau tak akan laku di masa depan.

Menurutnya, jenis kos-kosan yang akan ditinggal adalah model ekonomi. Andi membagi dua rumah kos dalam dua jenis, executive adalah model kos dengan fasilitas kamar mandi di dalam. Sementara jenis ekonomi, fasilitas kamar mandi ada di luar dan digunakan bersama-sama dengan penghuni kos lainnya.

"Kalau masih pakai model begitu, tinggal tunggu mati ditinggal penghuni. Ini berdasarkan pengalaman saya ya, bukan penelitian ilmiah," kata dia di saluran Youtube KingKost, Sabtu 22 Juli 2023.

Asumsi itu dia sampaikan berkaitan dengan fakta di lapangan. Banyak teman-temannya mulai sepi peminat karena masih menerapkan model kos kamar mandi di luar.

Sementara Andi, kini lebih mendorong agar bisniskos-kosan-nya punya beragam fasilitas lengkap. Mulai dari full furnish dan kamar mandi di dalam.

Menurut dia, bisniskos-kosan kelas ekonomi sulit akan bertahan, apalagi jika si pemilik mematok harga tak kompetitif. Sebab selisih harga rumah kos ekonomi dan executive sangat memperngaruhi keberlangsungan.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT