ADVERTISEMENT

Twitter Dikabarkan Telah Kehilangan Hampir Setengah Dari Pendapatan Iklan Sejak Elon Musk Mengambil Alih

Senin, 17 Juli 2023 15:34 WIB

Share
Twitter Dikabarkan Telah Kehilangan Hampir Setengah Dari Pendapatan Iklan Sejak Elon Musk Mengambil Alih (lst)
Twitter Dikabarkan Telah Kehilangan Hampir Setengah Dari Pendapatan Iklan Sejak Elon Musk Mengambil Alih (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menurut sang pemilik aplikasi sosial media Twitter, pihaknya mengungkap jika telah kehilangan hampir setengah dari pendapatan iklannya sejak Elon Musk membeli perusahaan itu seharga $44 miliar atau sekitar Rp660.902.000.000.000,00 pada Oktober lalu.

Dia mengatakan bahwa perusahaan belum membukukan pertumbuhan penjualan yang diharapkan pada bulan Juni lalu, namun dirinya menambahkan jika pada bulan Juli ini penjualannya "sedikit lebih menjanjikan". Untuk memotong biaya, Musk akan memberhentikan sekitar setengah dari 7.500 karyawan Twitter saat dia menjabat pada tahun 2022.

Diperkirakan aplikasi pesaing Twitter yakni, Threads yang diluncurkan Meta pada 6 Juli 2023 sekarang telah memiliki 150 juta pengguna. Koneksi aplikasi Threads terintegrasi ke Instagram secara otomatis dan memberi platform yang dikembangkan oleh Meta akses ke dua miliar pengguna potensial. 

Pada saat yang sama, Twitter bergumul dengan beban utang yang tinggi. Arus kas masih negatif, kata Musk selama akhir pekan, meskipun miliarder itu tidak menetapkan tenggat waktu untuk penurunan pendapatan iklan sebesar 50 persen.

Dalam sebuah tweet Elon Musk berkata, "Perlu mencapai arus kas positif sebelum kita memiliki kemewahan untuk hal lain."

Setelah memberhentikan ribuan pekerja dan memotong tagihan layanan cloud, Musk mengatakan Twitter akan membukukan pendapatan $3 miliar atau setara dengan Rp45.055.950.000.000,00 pada tahun 2023, naik dari $5,1 (Rp76.584.915.000.000,00) miliar pada tahun 2021.

Perkembangan tersebut merupakan tanda terbaru bahwa langkah-langkah penghematan yang agresif belum cukup untuk mengembalikan pengiklan yang melarikan diri setelah perubahan aturan moderasi konten.

Hal ini terlepas dari wawancara Musk dengan media BBC pada bulan April lalu, di mana dia menyarankan bahwa sebagian besar telah kembali ke situs tersebut. Tetapi Meghana Dhar, mantan kepala kemitraan di Snap dan Meta, saingan baru Twitter, Threads, mengatakan bahwa perusahaan sedang berjuang sebelum Musk mengakuisisinya.

"Elon dan Twitter berada dalam posisi yang sangat sulit saat ini. Agar adil untuk Elon, kami telah melihat penurunan pendapatan Twitter dan pertumbuhan pendapatan sejak pra-Elon - ada semacam penurunan yang stabil." Ujarnya dalam acara BBC's Today.

Lucy Coutts, Chief Investment Officer di JM Finn berkata, "Anda tidak akan bertaruh melawannya, dia adalah sosok yang lincah dan saya pikir mungkin dia akan mengubahnya tetapi itu akan memakan waktu lebih lama. Tapi sayangnya dia memiliki utang $13 miliar yang harus dibayar pada akhir Juli sehingga kita mungkin melihat lebih banyak tekanan pada saham di Tesla jika dia harus menjual lebih banyak sahamnya di perusahaan itu."

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT