ADVERTISEMENT

Goreng Campedak, Kreasi Istimewa Camilan Khas Karawang Selatan

Minggu, 16 Juli 2023 07:03 WIB

Share
Goreng Campedak, cemilan istimewa khas Karawan Selatan. (Ist)
Goreng Campedak, cemilan istimewa khas Karawan Selatan. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KARAWANG, POSKOTA.CO.ID - Karawang Selatan atau tepatnya di Kecamatan Tegalwaru merupakan daerah dataran tinggi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Disana berdiri menjulang Pegunungan Sanggabuana.

Diketahui, setiap daerah atau tempat, tak hanya memiliki tradisi atau budaya yang berbeda, setiap daerah juga memiliki sajian kuliner yang berbeda dan menjadi ciri khas.

Di Karawang, khususnya wilayah Karawang selatan yang menjadi kawasan wisata juga terdapat berbagai macam kuliner yang khas, kuliner ini juga menunjang daya tarik wisata wilayah tersebut.

Salah satu kuliner yang khas adalah goreng campedak, buah bernama latin Arthocarpus champeden ini mungkin tak asing ditemui di sekitar kita. Namun tak banyak daerah yang menjadikan buah campedak sebagai kuliner khas.

Suherni (40) seorang pedagang di kawasan wisata Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang menuturkan, pohon campedak sering berbuah pada musim penghujan di akhir sampai awal tahun.

"Campedak memang banyak disini musimnya itu seperti sekarang ini, kadang akhir atau awal tahun. Buah campedak ini kalau hanya buahnya saja, tak seperti durian yang dianggap istimewa atau lebih diburu wisatawan," ujar Herni, Sabtu (15/7/2022).

Diungkap Herni, karena buah yang dianggap kurang istimewa ini, warga atau para pedagang di wilayah Karawang selatan, lalu mengakali atau berkreasi dengan bahan dasar buah campedak agar laku dijual kepada wisatawan.

"Campedak ini memang kan gak istimewa yah, dari dulu yang dikenal wisatawan di Karawang selatan hanya durian, jadi warga yang berdagang di sekitar jalur wisata mengakali campedak ini supaya bisa dijual meskipun gak istimewa," kata dia.

Goreng campedak, kata Herni, dibuat dari adonan yang sama dengan adonan goreng pisang, namun karena wangi campedak yang lebih menyengat, dan rasa manis yang lebih khas, gorengan campedak malah terasa lebih enak dibanding goreng pisang.

"Goreng pisang, bala-bala, itu camilan yang umum, sebenarnya campedak ini adonannya sama dengan goreng pisang, tapi karena wangi dan rasa manis buah campedak ini khas, mungkin terasa lebih enak," imbuhnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Contributor: Aep
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT