ADVERTISEMENT

3 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah, Jangan Jadikan Kebiasaan!

Jumat, 14 Juli 2023 10:11 WIB

Share
Bahaya Tidur dengan Rambut Basah (Pexels/Ist)
Bahaya Tidur dengan Rambut Basah (Pexels/Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Keramas adalah hal yang terhitung sulit dilakukan oleh mereka yang memiliki keterbatasan waktu. Maka dari itu, tak jarang orang-orang sibuk memilih untuk keramas di malam hari dan berakhir tertidur dengan rambut yang basah.

Meski terasa menyegarkan, tidur dengan kondisi rambut yang basah menimbulkan bahaya bagi kesehatan kepala, lho. 

Hal itu disebabkan karena kondisi rambut basah bisa meningkatkan risiko kerusakan yang memengaruhi keseluruhan rambut. Selain itu, kondisi tersebut juga memicu pertumbuhan bakteri, jamur, dan membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin.

Berikut ini penjelasan singkat terkait bahaya tidur dengan rambut bahas seusai keramas. Ada apa saja? Simak di bawah ini.

1. Sakit kepala

Efek samping negatif pertama yang ditimbulkan adalah sakit kepala. Saat bangun tidur, kondisi kepala cendurung akan terasa berat dan sakit sebab sebelumnya tertidur dengan rambut yang basah.

Hal tersebut terjadi karena suhu kepala yang mendingin, terlebih jika kamu membungkus kepala dengan handuk basah. Kelembapan yang bertahan lama itu bakal memengaruhi sirkulasi darah di kulit kepala dan berakhir pada rasa sakit.

2. Flu

Rambut yang basah membuat suhu kepala menjadi lebih dingin daripada suhu tubuh. Melansir jurnal Clinical Microbiologi Reviews (2013), dijelaskan bahwa suhu di bawah 37 derajat celcius membuat virus flu berkembang biak dengan mudah.

Lebih lanjut, penyebab lainnya adalah bantal yang lembab dan basah karena rambut tersebut membuat kamu menghirup udara yang dingin. Suhu itu membuat pembuluh darah di saluran pernapasan akan menyempit agar tetap hangat.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT