Sosok yang Berdaulat, Prabowo Sosok Pemimpin Merdeka dari Intervensi Politik

Kamis, 13 Juli 2023 15:31 WIB

Share
Sosok yang Berdaulat, Prabowo Sosok Pemimpin Merdeka dari Intervensi Politik (lst)
Sosok yang Berdaulat, Prabowo Sosok Pemimpin Merdeka dari Intervensi Politik (lst)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) yang memiliki kapasitas mumpuni dan paling merdeka di antara kandidat capres yang lain. Menurut Dedi, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu berpeluang besar untuk menang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Dedi menambahkan, masyarakat saat ini lebih cenderung memilih Prabowo Subianto karena dianggap punya kapasitas yang mumpuni untuk memimpin Indonesia setelah Presiden Jokowi. Hal itu karena Prabowo Subianto adalah sosok yang berdikari dan bebas dari intervensi. 

“Publik memilih Prabowo karena Prabowo yang dianggap paling mampu paling punya kapasitas, dan paling merdeka dari intervensi yang lain,” kata Dedi. 

Dedi melanjutkan, kapasitas kepemimpinan Prabowo Subianto saat ini tergambar dari tingkat elektabilitas yang diraihnya dari hasil beberapa lembaga survei yang telah mengeluarkan data teranyarnya. Elektabilitas Prabowo, menurut Dedi tidak terlalu meningkat. Namun, kembali ke masa-masa dimana Prabowo Subianto memiliki elektabilitas terkuat. 

“Sebenarnya bukannya elektabilitas Prabowo yang meningkat, tetapi elektabilitas Prabowo kembali seperti elektabilitasnya di periode survei-survei sebelumnya,” terang Dedi. 

Menurutnya, kembalinya tingkat elektabilitas capres Partai Gerindra itu ke posisi teratas disokong oleh banyak hal, termasuk adanya dorongan yang kuat dari kelompok-kelompok yang loyal mendukung Prabowo Subianto. 

“Ada dua hal yang menurut saya menonjol, pertama kelompok-kelompok yang memang loyal terhadap Prabowo dan terhadap pemerintah hampir setiap secara serentak dan signifikan bergeser kepada Prabowo,” lanjut Dedi. 

Adanya dukungan loyal serta kinerja sebagai menteri terbaik di Kabinet Indonesia Maju berdampak besar pada tingkat elektabilitas Prabowo Subianto menuju pesta rakyat lima tahunan tersebut. 

Seperti dalam hasil survei yang telah dirilis ke publik oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada periode 1-8 Juli 2023 kemarin. Dalam survei yang melibatkan 1242 responden tersebut, Prabowo Subianto kokoh bertengger di puncak klasemen bursa capres 2024. 

Menteri pertahanan andalan Presiden Jokowi itu mendapatkan raihan suara sebesar 35,8 persen. Ditempel ketat oleh capres dari partai PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo 32,2 persen dan capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dengan total elektabilitas 21,4 persen. (ril)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar