ADVERTISEMENT

Ketahui Bahaya Obesitas bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Dianggap Remeh!

Kamis, 13 Juli 2023 13:46 WIB

Share
Dampak Obesitas bagi Kesehatan (Pexels/Andres Ayrton)
Dampak Obesitas bagi Kesehatan (Pexels/Andres Ayrton)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Obesitas merupakan salah satu kondisi yang berpengaruh buruk atau bahaya bagi kesehatan. Sebab, badan yang terlalu gemuk cenderung berisiko mengundang datangnya banyak penyakit.

Hal ini tidak bisa dianggap remeh dan diabaikan begitu saja. Selain tak baik untuk penampilan, berat badan berlebihan juga tak baik untuk kesehatan tubuh, lho. Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk selalu menjaga berat badan.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seirama pola makan yang sehat pula. Obesitas sendiri merupakan kondisi yang terjadi akibat dari pola hidup tidak sehat dengan konsumsi sembarang makanan.

Lantas tak heran jika obesitas memunculkan berbagai penyakit serius bagi kesehatan tubuh manusia. Apa saja dampak yang diterima oleh mereka yang mengalami obesitas? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

1. Diabetes

Salah satu faktor yang dinilai dapat meningkatkan resiko diabetes adalah obesistas. Diketahui bahwa jenis diabetes tipe 2 merupakan komplikasi dari obesitas. 

Mereka yang berbada gemuk, mengalami 80 kali lebih mungkin mengembangkan jenis diabetes ini dibandingkan dengan mereka yang mempunyai berat badan ideal.

2. Hipertensi atau darah tinggi

Dampak lain dari obesitas adalah hipertensi. Hal ini menjadi risiko yang membuat tekanan darah perifer meningkat dari biasanya.Banyak dari pengidap obesistas yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hal tersebut terjadi sebab jantung secara otomatis memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh. Fatalnya, gejala ini akan memicu penyakit jantung. Ukuran tubuh yang kian membesarlah yang menjadi faktor dari tekanan darah naik.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT