Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5N 2024 Telah Bocor Sebelum Pengumuman Resmi, Bagaimana Performanya?

Rabu 12 Jul 2023, 11:12 WIB
Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5N 2024 Telah Bocor Sebelum Pengumuman Resmi, Bagaimana Performanya? (lst)

Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5N 2024 Telah Bocor Sebelum Pengumuman Resmi, Bagaimana Performanya? (lst)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dalam serangkaian gambar yang dibocorkan secara online oleh publikasi Korea Selatan Autospy, mobil listrik produksi pertama Hyundai yang menggunakan lencana 'N' tampaknya berbagi desain Ioniq 5, tetapi dengan isyarat desain tambahan dari mobil bensin performa tinggi perusahaan.

Penampilan Hyundai Ioniq 5 N yang lebih agresif berasal dari lengkungan roda yang lebih lebar, suspensi yang lebih rendah, spoiler atap kecil, dan ban performa tinggi yang didesain ulang menggantikan desain mobil listrik biasa yang lebih aerodinamis.

Di dalam Ioniq 5 terdapat layar infotainment ganda 12,3 inci dan dasbor digital, tetapi program kinerja khusus N seperti tachometer dan tampilan torsi ditambahkan.

Sepertinya roda kemudi yang lebih sporty akan memiliki dayung Performance Blue untuk pengereman regeneratif yang dapat disesuaikan dan tombol N, yang kemungkinan akan meningkatkan tenaga mobil listrik.

Hyundai belum mengonfirmasi performa dari Ioniq 5 N ini, meskipun diharapkan mengungguli kendaraan listrik Grup Hyundai lainnya berdasarkan platform E-GMP bersama dengan model seperti Kia EV6 dan Genesis GV60.

Kia EV6 GT andalan menghasilkan 430 kW, tetapi laporan yang tidak berdasar menunjukkan bahwa Hyundai Ioniq 5 N menghasilkan hampir 650 hp (metrik hp) atau 478 kW.

Mobil listrik itu juga diperkirakan akan ditenagai oleh baterai yang lebih besar dari baterai 77,4kWh di Hyundai Ioniq 5 top-of-the-line, meskipun Albert Biermann, mantan kepala divisi N dan kemudian menjadi penasihat teknis perusahaan, sebelumnya memberi tahu bahwa Ioniq 5N akan dimungkinkan memiliki waktu berjalan lebih pendek karena motor yang kuat dan roda yang lebih besar.

Mesin twin Ioniq 5 standar 77,4kWh mengklaim dapat menempuh jarak 454km dalam uji lab WLTP Eropa, sedangkan Kia EV6 GT yang lebih bertenaga mencakup 424km dalam uji lab yang sama. 

Dilansir dari laman Drive pada Rabu (12/7/2023), Mr. Biermann mengatakan bahwa Ioniq 5N memiliki berat sekitar 2,5 ton atau sekitar 300kg lebih berat dari Kia EV6 GT, menjadikannya salah satu mobil performa terberat di pasar. Tidak jelas apakah mobil itu berbobot 2.500 kilogram atau Mr. Biermann membulatkan bobotnya menjadi sekitar 2.400 kilogram.

Di bawah kulit Ioniq 5 N terdapat daftar fitur yang mirip dengan EV6 GT, seperti suspensi adaptif dan diferensial selip terbatas elektrik yang dapat memadukan torsi di poros belakang sesuai kebutuhan untuk akselerasi maksimum saat keluar dari tikungan.

Fitur tersebut juga memiliki mode yang dapat diprogram yang memungkinkan pengemudi menyesuaikan tenaga dan torsi ke setiap poros dengan peningkatan 10 persen antara 100 persen depan dan 100 persen belakang. Namun, mesin membatasi sistem. Misalnya pada mode penggerak roda depan, mobil tidak menghasilkan lebih dari 160 kW, karena ini adalah batas mesin, begitu pula sebaliknya untuk mobil listrik di belakang.

Berita Terkait
News Update