ADVERTISEMENT

Ketahui Bahaya Merokok bagi Kesehatan Mulut, Stop dari Sekarang!

Selasa, 11 Juli 2023 18:18 WIB

Share
Efek Merokok bagi Kesehatan Mulut (Pexels/Basil MK)
Efek Merokok bagi Kesehatan Mulut (Pexels/Basil MK)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kebiasaan merokok menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Tidak hanya untuk jantung dan paru-paru, merokok juga bisa merusak kesehatan mulut, lho. 

Menjaga kesehatan mulut dan gigi merupakan hal penting yang sepatutnya dilakukan. Mulut memiliki beragam fungsi dan harus senantiasa dijaga kesehatannya. Lantas, apa saja kiranya bahaya merokok bagi kesehatan mulut?

Kandungan nikotin yang ada pada rokok bisa memperparah penumpukan bakteri kariogenik yang memicu terjadinya gejala karies alias gigi berlubang. Karies kemudian mengakibatkan masalah lain yang berhubungan dengan gigi dan mulut.

Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja bahaya merokok bagi kesehatan mulut yang wajib diketahui.

1. Kanker mulut

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan, diketahui bahwa rokok mengandung zat nikotin yang bisa bekerja sebagai racun atau detox. Adapun, zat racun tersebut akan menyerang mulut hingga sel kanker pun terjadi.

Sementara itu, kanker mulut merupakan peradangan yang disertai oleh luka. Penyakit ini biasa disebabkan oleh rusaknya sel dalam mulut, seperti yang telah dijelaskan. Rokok miliki dampak sebahaya itu untuk mulut.

2. Radang mulut

Bahaya rokok selanjutnya yang harus segera dihindari adalah penyakit radang mulut. Hal ini terjadi karena kesehatan mulut yang semakin parah dan bukan masalah sepele yang bisa dibiarkan begitu saja.

Antioksidan dan zat pelindung mulut akan dipaksa untuk berhadapan dengan detox yang dihasilkan nikotin rokok ketika kamu merokok. Saat antioksidan melemah, mulut akan mengalami kritis hingga akhirnya bakter mudah terinfeksi.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT