ADVERTISEMENT

Disebut Sebagai SUV Terkecil, Hyundai Exter Siap Meluncur di Pasar India

Selasa, 11 Juli 2023 10:01 WIB

Share
Disebut Sebagai SUV Terkecil, Hyundai Exter Siap Meluncur di Pasar India (Hyundai.com)
Disebut Sebagai SUV Terkecil, Hyundai Exter Siap Meluncur di Pasar India (Hyundai.com)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hyundai telah meluncurkan unit Exter, SUV terkecil dan paling terjangkau di pasaran, dengan harga perkenalan mulai dari Rs 6 lakh hingga Rs 10 lakh atau jika dirupiahkan sekitar Rp110.368,80 - Rp183.932,20 (semua harga ex-showroom, India). 

Hyundai Exter dikatakan memiliki dasar yang sama dengan Grand i10 Nios dan Aura, hadir dalam pilihan bensin dan CNG serta hadir dalam lima trim - EX, S, SX, SX(O) dan SX(O) Connect. Hyundai mengatakan telah menerima lebih dari 11.000 pesanan untuk Exter, di mana versi AMT menyumbang sekitar 38 persen, sedangkan jaringan CNG yang dipasang pabrik menyumbang 20 persen.  

Exter ditenagai oleh mesin bensin empat silinder 1,2 liter yang disedot secara alami yang menghasilkan tenaga 83bhp dan torsi puncak 114Nm, yang digunakan bersama dengan model lain seperti Nios, i20, dan Venue. Transmisinya manual 5 percepatan atau AMT 5 percepatan. Dalam spesifikasi CNG, mesinnya menghasilkan tenaga 69bhp dan 95,2Nm dan hanya dilengkapi dengan transmisi manual. 

Terlepas dari trim E spesifikasi dasar, semua varian bensin tersedia dengan transmisi MT dan AMT, sedangkan opsi CNG juga tersedia pada trim S dan SX mid-range. Ketiga trim SX juga mendapatkan  shifter dengan gearbox AMT.  

Penghematan bahan bakar untuk Hyundai adalah 19,4kpl dengan manual dan 19,2kpl dengan AMT; Varian CNG yang dipasang pabrik dan menawarkan penghematan bahan bakar yang jauh lebih baik, dibandingkan dengan 27.10kpl. 

Seperti Hyundai yang lebih baru, Exter mengikuti bahasa desain parametrik merek tersebut, terlihat pada pilar-C dan trim pintu belakang serta lengkungan roda yang melebar. Yang unik dari Ekster adalah perawatan LED berbentuk H baru untuk lampu siang hari dan lampu belakang.  

Exter mungkin merupakan SUV terkecil dari merek tersebut, tetapi tetap mempertahankan ciri khas dari gaya SUV dengan proporsi kotak, hidung tegak, bodywork tebal, kusen depan dan belakang yang menonjol, serta rel atap. Eksterior premium dilengkapi dengan velg 15 inci two-tone dan juga tersedia dalam pilihan warna dual-tone. Hyundai menawarkan enam warna solid, tiga pilihan warna two-tone, dan tiga pilihan warna interior. 

Panjangnya 3815 mm, lebar 1710 mm dan tinggi 1631 mm, wheelbase 2450 mm dan ground clearance 185 mm. Di dalam, desain dasbornya dibawa dari Nios dan Aura, namun ada beberapa perbedaan utama. Pertama, ia mendapat skema warna serba hitam, bukan interior abu-abu/hitam atau perunggu/hitam yang terlihat pada Nios dan Aura. Ekster juga mendapatkan kluster instrumen digital sepenuhnya dengan MID 4,2 inci, yang terlihat pada Hyundai yang lebih mahal seperti i20 dan Verna. 

Efek berpola pada dasbor, bantalan pintu, dan di sekitar tuas persneling juga terbawa. Versi yang lebih tinggi memiliki pelapis semi-kulit dalam dua warna hitam dan hijau zaitun. Namun, kursi belakang tidak memiliki sandaran tangan. 
Di sisi yang menarik, poin pembicaraan terbesar adalah fitur dari dua segmen pertama – sunroof panel tunggal dan dasbor kamera ganda (depan dan belakang) yang dipasang oleh pabrik.

Fitur lain termasuk lampu depan proyektor otomatis, keyless entry and go, layar sentuh 8 inci, kontrol iklim otomatis, Apple CarPlay, Android Auto, pengisian daya nirkabel, navigasi internal, teknologi mobil yang terhubung, perintah  suara dalam berbagai bahasa dan over - pembaruan melalui udara (OTA).  

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT