ADVERTISEMENT

Aplikasi Threads Resmi Diluncurkan Mark Zuckerberg Hari Ini, Siap Bikin Twitter Ketar-Ketir

Kamis, 6 Juli 2023 15:41 WIB

Share
Aplikasi Threads Resmi Diluncurkan Mark Zuckerberg Hari Ini, Siap Bikin Twitter Ketar-Ketir (lst)
Aplikasi Threads Resmi Diluncurkan Mark Zuckerberg Hari Ini, Siap Bikin Twitter Ketar-Ketir (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mark Zuckerberg, CEO Meta baru saja merilis aplikasi terbarunya bernama Threads pada Rabu, 5 Juli 2023. Aplikasi yang dikembangkan oleh Instagram ini digadang-gadang akan menjadi pesaing Twitter.

Threads sendiri merupakan aplikasi berbagi konten tulisan yang fiturnya serupa dengan fitur 'thread' Twitter. Meski begitu, menurut pihak Instagram yang diunggah pada Kamis (6/7/2023), aplikasi Threads ini disebut sangat mudah digunakan oleh para penggunanya.

Pesan dalam utas bisa mencapai 500 karakter, jauh lebih banyak dibandingkan dengan Twitter yang hanya dapat menulis 280 karakter saja untuk sebagian besar pengguna. Selain itu, video dengan durasi maksimal lima menit dapat dipublikasikan dan pesan dapat dibagikan sebagai tautan ke platform lain. 
 
Pengguna masih dapat berhenti mengikuti, memblokir, membatasi, atau melaporkan orang lain. Selain itu, para pengguna juga dapat memfilter jawaban dengan kata-kata tertentu. 

Khusus untuk pengguna di bawah 16 tahun, Instagram melakukan pengaturan dasar untuk menjadikan akun Threads sebagai profil pribadi, pengguna hanya dapat menampilkan unggahan ke pengikut tertentu. 

Aplikasi Threads dirancang agar kompatibel dengan protokol jejaring sosial terbuka yang dikembangkan oleh  World Wide Web Consortium (W3C) yang disebut ActivityPub. Bertanggung jawab untuk menetapkan standar terbuka yang merupakan kunci untuk menggunakan web modern. 

Standar tersebut membuat Threads kompatibel dengan aplikasi lain yang mendukung protokol ini, seperti Mastodon dan WordPress. Standar ini menciptakan jenis koneksi baru yang tidak mungkin dilakukan di banyak media sosial yang ada saat ini. Threads kini sudah tersedia di 100 negara, termasuk Indonesia. 

Saat ini, Threads tersedia secara gratis dari Apple App Store dan Google Play Store di 100 negara, meskipun  aplikasi tersebut tidak tersedia di Uni Eropa karena peraturan.

 

 

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT