ADVERTISEMENT

Yamaha YZF-R15 ABS 2024 Telah Terungkap, Penggabungan Bodi Generasi ke-3 dan Perangkat Generasi ke-2 Jadi Sorotan

Rabu, 5 Juli 2023 10:21 WIB

Share
Yamaha YZF-R15 ABS 2024 Telah Terungkap, Penggabungan Bodi Generasi ke-3 dan Perangkat Generasi ke-2 Jadi Sorotan (lst)
Yamaha YZF-R15 ABS 2024 Telah Terungkap, Penggabungan Bodi Generasi ke-3 dan Perangkat Generasi ke-2 Jadi Sorotan (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Saat ini, Yamaha YZF-R15 telah meluncur dan dijual di seluruh dunia. Peluncuran Yamaha YZF-R15 akan menjadi tampilan baru sejak debutnya pada 2020 lalu. Diketahui, unit motor satu ini akan menjadi tampilan generasi 4 yang rilis pada tahun ini. 

Meski tampilan Yamaha YZF-R15 sempat dibatalkan untuk dijual di pasaran. Namun, Yamaha Brazil nampaknya memiliki strategi baru dengan dirilisnya Yamaha YZF-R15 ABS 2024 yang menggunakan tampilan seri generasi ketiga sebagai citra identitasnya. 

Untuk melihat gambaran yang lebih besar, sampai saat ini masih ada pasar di beberapa negara yang menggunakan R15 generasi ke-3 sebagai produk dasarnya. Misalnya Bangladesh, Pakistan, atau negara-negara Amerika Selatan termasuk Uruguay, Praha, dan  Brazil yang akan terus menggunakan model mereka saat ini untuk menjangkau konsumen dalam negeri  

Secara keseluruhan, Yamaha YZF-R15 ABS 2024 versi 3 tetap mempertahankan unsur-unsur yang mungkin dapat dikatakan sudah ketinggalan zaman atau tidak update. Dibandingkan model versi keempat yang dijual di banyak negara, motor keluaran Yamaha kali ini diduga akan menggunakan mesin 155cc SOHC, 1 silinder, 4 langkah, VVA berpendingin cairan, atau variable valve timing yang sebelumnya digunakan sejak R15 versi 3 yang dirilis pada tahun 2017.

Ketika Yamaha R15 V4.0 2022 hadir, pendahulunya, Yamaha R15 V3.0, seharusnya otomatis dihentikan produksinya. Namun ternyata tidak, karena varian seri Yamaha R 155cc tampaknya masih dijual dan baru diluncurkan secara resmi di Brazil. 
 Sangat disayangkan, Yamaha Brazil tidak menghadirkan R15 V4 yang lebih modern dan berevolusi. Namun dilansir dari beberapa media, unit motor inilah yang sudah lama ditunggu-tunggu dan baru dirilis pada tahun 2023 dengan nama Yamaha R15 ABS 2024. 

Dan perlu diketahui bahwa sebenarnya R15 V3 masih dijual sebagai pabrikan di beberapa negara seperti Bangladesh dan India. Dan jika dilihat lebih dekat, R15 V3 yang dijual di Brazil ternyata mirip dengan R15 versi India yang berbeda dengan R15 di Asia Tenggara yang masih menggunakan suspensi depan teleskopik standar. Di Indonesia motor ini sudah menggunakan suspensi depan terbalik. 
 
Sepeda motor ini memiliki garis yang tegas dan mencolok yang ditingkatkan di terowongan angin untuk mengoptimalkan aliran udara dan memastikan performa aerodinamis yang luar biasa. 

Di bagian depan motor terdapat pipa intake berbentuk M yang terinspirasi dari model MotoGP Yamaha YZF-M1, sedangkan rakitan lampu dan headlight assembly disebut 'bright eyes' dengan lampu parkir dan LED yang menawarkan rentang kecerahan yang lebih luas. Motor ini juga memiliki lampu LED dan indikator lampu belakang. 

Yamaha YZF-R15 memiliki tangki bahan bakar 11 liter yang lebar dan rendah serta penutup bergaya penerbang memungkinkan pengendara memposisikan dirinya dengan lebih baik di belakang kaca depan, dan pijakan kaki menawarkan dukungan yang baik untuk kesenangan dan berkendara sehari-hari, seperti di tanjakan. 

Dasbor sepeda motor 100% digital dan memiliki pencahayaan LED dengan latar belakang putih, yang memastikan bahwa informasi di layar dapat dibaca kapan saja sepanjang hari. Lampu Shift di bagian atas panel menunjukkan waktu yang ideal untuk berpindah gigi. 

Dasbor memiliki tachometer, pengukur bahan bakar, pengukur gigi, dan indikator VVA yang menunjukkan saat sistem mendukung mode olahraga. Selain indikator tersebut, panel itu juga memiliki speedometer, total dan dua kilometer meter (TRIP-1 dan TRIP-2), indikator kecepatan rata-rata, konsumsi saat ini, dan konsumsi rata-rata.  

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT