ADVERTISEMENT

Jaga Ucapan, Jangan Gagal Lagi

Jumat, 30 Juni 2023 06:01 WIB

Share
Trofi Piala Dunia U-17 FIFA (Foto: FIFA)
Trofi Piala Dunia U-17 FIFA (Foto: FIFA)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh: M. Ifand, Wartawan Poskota

 

Kabar baik untuk insan sepak bola Indonesia. FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 Tahun 2023. Awalnya pesta sepakbola U17 yang digelar tahun ini akan diselenggarakan di Peru, namun dicabut karena negara tersebut tidak siap dengan infrastruktur.

Piala Dunia U-17 rencananya digelar pada 10 November hingga 2 Desember diharapkan bisa digelar dengan baik. Karena hal itu sebagai pengganti karena sebelumnya Indonesia merupakan tuan rumah Piala Dunia U 20 2023.

Namun FIFA membatalkan status tuan rumah Indonesia dengan kondisi yang tidak kondusif setelah adanya penolakan kepada Timnas Israel. Tuan rumah Piala Dunia U 20 2023 yang berlangsung 20 Mei-11 Juni 2023 dilimpahkan ke Argentina dan Uruguay berhasil menjadi juara di ajang ini.

Atas kondisi tersebut, para petinggi maupun masyarakat Indonesia diharapkan bisa menahan diri agar pesta sepakbola antar dunia ini bisa digelar. Indonesia harus belajar dari situasi yang terjadi di Piala Dunia U-20 agar kejadian itu tak lagi terulang.

Kita harus belajar dari batalnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 karena intervensi politik praktis. Jangan sampai kasus Piala Dunia U20 terulang dan kita berharap tak ada lagi kepentingan politik praktis masuk ke ranah sepakbola yang bisa membuat batal lagi jadi tuan rumah.

Melihat antusias masyarakat Indonesia menyambut Piala Dunia U17 Ini, seharusnya jangan ada lagi polemik yang menyebabkan untuk kedua kalinya kita gagal menjadi tuan rumah.

Masih terngiang dalam benak masyarakat Indonesia ketika kesempatan jadi tuan rumah Piala Dunia U20 hilang begitu saja. Keikutsertaan Timnas Israel disinyalir menjadi alasan yang mengemuka ketika itu. Para tokoh seperti Ganjar Pranowo maupun Wayan Koster turut melancarkan penolakannya.

Kini dengan menjadi tuan rumah, peluang Timnas Indonesia lolos dari fase grup juga terbuka lebar. Dan bukan tidak mungkin kalau Indonesia akan melaju jauh di Piala Dunia U-17 mendatang.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT