ADVERTISEMENT

Gunakan Mild-Hybrid Diesel di 2024 Mendatang, Toyota Hilux Dinilai Akan Lebih Irit?

Kamis, 29 Juni 2023 09:14 WIB

Share
Gunakan Mild-Hybrid Diesel di 2024 Mendatang, Toyota Hilux Dinilai Akan Lebih Irit? (lst)
Gunakan Mild-Hybrid Diesel di 2024 Mendatang, Toyota Hilux Dinilai Akan Lebih Irit? (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Produsen mobil Toyota dikabarkan akan memakai sistem mild hybrid 48 volt pada unit kendaraan Hilux. Dilansir dari laman Drive, Toyota akan memasangkannya dengan mesin turbodiesel 2,8 liter dan transmisi otomatis 6 kecepatan saat ini.

Mesin tersebut terdiri dari baterai 48 volt tambahan, generator motor listrik kecil dan komponen lainnya. Tenaga totalnya belum bisa diperkirakan, namun saat ini mesin 2.8 berkode 1GD-FTV tersebut mampu menghasilkan tenaga 204 PS dan torsi puncak 500 Nm.

Tak hanya itu, Toyota juga menambahkan sistem start/stop idle dan mengurangi NVH agar suara mesin lebih senyap. Opsi engine hybrid ini merupakan standar pada semua model top-of-the-line 4×4 SR5 dan Rogue dual-cab.

Sementara itu, mesin ini masih opsional di versi double cab 4×4 SR. Mengingat mesin ini hampir sama dengan seri Toyota Fortuner yang terdapat di pasar Australia, kemungkinan Toyota Fortuner juga akan memiliki opsi ini di masa mendatang.

Diketahui, pembuat mobil jarang mengembangkan kecocokan antara diesel dan hybrid. Meski secara teori, mesin diesel yang dikenal irit bahan bakar tentu menarik untuk dipadukan dengan sistem hybrid agar lebih irit.

Saat ini kombinasi diesel dan hybrid hanya dikembangkan untuk mobil yang berasal dari Eropa, namun kebanyakan adalah Plug-in Hybrid atau Mild Hybrid. Untuk mobil utama, sebelumnya diterapkan pada Suzuki Ertiga.

Toyota mengklaim bahwa nantinya konsumsi bahan bakar akan lebih hemat 10%. Pada saat yang sama, mobil hybrid Toyota dengan mesin bensin biasanya lebih hemat bahan bakar 40-50% daripada versi bensin murni. Mungkin itu sebabnya pabrikan mobil jarang mengembangkan mesin diesel dengan hibrida. Karena harganya yang pasti lebih mahal, namun konsumsi bahan bakarnya tidak jauh berbeda, konsumen cenderung tidak beralih ke sana.

Penyisipan opsi hybrid ini membawa para pecinta otomotif untuk banyak berspekulasi. Apakah Toyota sedang mempersiapkan generasi baru Toyota Hilux dalam waktu dekat? mengingat mobil ini sudah ada sejak tahun 2015 lalu.

Konfigurasi mesin hybrid seperti itu dapat ditemui di generasi selanjutnya. Bagaimana dengan versi SUV, Toyota Fortuner? apakah setup hybrid ini juga bisa dipasang di Innova Zenix? 

Mari kita nantikan saja terobosan terbaru dari Toyota Astra Motor selanjutnya.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT