ADVERTISEMENT

Banggakan Al Zaytun, Aktivis Toleransi Senang Jika Semua Ponpes Bisa Nyanyikan Lagu Yahudi

Rabu, 28 Juni 2023 10:31 WIB

Share
Aktivis Pro Yahudi Monique Rijkers bicara soal Ponpes Al Zaytun. Foto: Ist.
Aktivis Pro Yahudi Monique Rijkers bicara soal Ponpes Al Zaytun. Foto: Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Aktivis Pro Israel dan Yahudi Monique Rijkers, menyambut baik besarnya toleransi di Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.

Menurut Monique, salah satu toleransi yang diperlihatkan Al Zaytun adalah kerap menyanyikan lagu-lagu Yahudi dalam sejumlah kegiatan.

"Kalau saya sebagai seorang aktivis toleransi dan keberagaman, tentu sangat menyambut baik kegiatan Al Zaytun," kata dia di Catatan Demokrasi, disitat Rabu 28 Juni 2023,

Adapun alasan Monique senang dengan Al Zaytun, karena ponpes yang melabelkan diri sebagai institusi pendidikan, tetapi mereka tampil dengan wajah toleransi dan keberagaman dengan menyanyikan lagu Yahudi contohnya.

Monique bercerita, Shalom Aleichem adalah lagu rakyat Yahudi, bukan milik Israel. Seluruh rakyat Yahudi di seluruh dunia, kata dia, mengenal lagu tersebut yang memiliki arti 'Damai Kiranya Menyertaimu'.

Ponpes Al Zaytun Memang Gandrungi Yahudi

Pada kesempatan itu, Monique lalu bercerita bagaimana Ponpes Al Zaytun selama ini memang selalu mengangkat hal-hal toleransi berkenaan dengan Yahudi.

Seperti yang terjadi pada 2016 silam, ketika Monique dan teman-temannya membuat Festival Film Toleransi. Kata Monique, Ponpes Al Zaytun menghubunginya meminta izin supaya bisa terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Akhirnya mereka (santri Al Zaytun) menampilkan lagu Yahudi dengan nuansa keroncong, mereka membawa alat musik mereka sendiri. Mereka datang dengan sukarela, dan menampilkan lagu yang luar biasa bagus dan indah, sangat positif, dan para santri sangat senang menyanyikannya," kata dia.

Monique lalu menyinggung bahwa lagu ini pernah dipopulerkan pula oleh MH Ainun Najib pada tahun 2000-an. Selain itu, tokoh Islam Gus Dur, juga dinilai tak mempermasalahkan hal itu.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT