ADVERTISEMENT

Diklaim Jadi Skuter Listrik Masa Depan, Yamaha E01 Siap Meluncur di Pasar Eropa Tahun 2024 Mendatang

Selasa, 27 Juni 2023 18:07 WIB

Share
Diklaim Jadi Skuter Listrik Masa Depan, Yamaha E01 Siap Meluncur di Pasar Eropa Tahun 2024 Mendatang (lst)
Diklaim Jadi Skuter Listrik Masa Depan, Yamaha E01 Siap Meluncur di Pasar Eropa Tahun 2024 Mendatang (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tidak dapat dipungkiri bahwa skuter listrik saat ini memiliki inovasi teknis yang sesuai dengan penggunaannya di masa kini, dan itu juga merupakan salah satu cara utama pabrikan baru untuk menjadi produsen otomotif yang unggul.

Belum lama ini, Yamaha tengah merencanakan langkah selanjutnya untuk membawa E01 ke pasar massal. Pada Oktober 2019, Yamaha menghadirkan konsep skuter listrik E01 di Tokyo Motor Show.

Potret motor Yamaha E01 yang akan meluncur di pasar Eropa (lst)

Bertahun-tahun kemudian, skuter tersebut tersedia di negara-negara Asia tertentu, Yamaha mengujinya dan membuatnya tersedia untuk masyarakat umum yang mengumpulkan ide kolaboratif dengan menerima saran dari pengguna nyata.

Proyek ini juga melibatkan beberapa negara Asia diantaranya, Jepang, Taiwan, Indonesia, Malaysia, dan Thailand, dan Yamaha menggunakan pendekatan ini di pasar Eropa mulai akhir 2021.

Skuter elektronik Yamaha E01 tampaknya akan memulai tes nyata terakhirnya kali ini di Eropa. Dan jelas bahwa banyak negara UE membutuhkan adopsi e-mobilitas yang cepat. Hal tersebut pun sejalan dengan rencana perusahaan sejak awal.

Namun Yamaha E01 sangat menarik karena menggunakan platform skutik yang sudah teruji. E01 tidak menggunakan motor hub belakang seperti skuter murah lainnya.

Motor listrik E01 dipasang di depan pengangkat dan membuat performa roda dua lebih seimbang, angka ini setara dengan skutik bermesin 125cc yang menghasilkan tenaga setara 11 horsepower (cv) yang cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Menurut pihak Yamaha, E01 memiliki baterai dengan ukuran 56,3amp/jam, 87,6 volt per siklus beban. Jangkauannya sekitar 65 mil atau 104,6 km dengan kecepatan tertinggi 100 km/jam.

Yamaha juga telah mengintegrasikan sistem pengisian cepat ke dalam motor tersebut yang memungkinkan Anda mengisi daya skuter hanya dalam satu jam. Dari baterai yang mulanya hanya 10% menjadi 80% serta hanya memerlukan waktu 5 jam untuk mengisi daya baterai 100% dengan sistem rumah tegangan rendah 220V.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT