ADVERTISEMENT

Siaga Gempa, Brigade 08 Purwakarta Bentuk Tim Rescue Bencana

Minggu, 18 Juni 2023 10:47 WIB

Share
Brigade 08 Purwakarta bentuk tim rescue bencana. (dadan)
Brigade 08 Purwakarta bentuk tim rescue bencana. (dadan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PURWAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Kabupaten Purwakarta  terlewati Lempeng Lembang  yang membentang dari Tangkuban Perahu hingga Plered dituntut setiap saat waspada. Salah satu  kesiapsiagaan bencana  harus memiliki relawan atau rescue kebencanaan.

Relawan Brigade 08 Purwakarta menjawab hal tersebut dengan membentuk tim rescue kebencanaan.

"Brigade 08 terpanggil untuk ikut andil dalam misi kemanusiaan dengan membentuk tim rescue kebencanaan," ujar Rudiono, Ketua Brigade 08 Purwakarta, Sabtu (17/6/2023).

Menurutnya, Brigade 08 selama ini telah berkiprah dalam serangkaian aksi kemanusiaan seperti membantu korban banjir di Subang dan gempa bumi di Cianjur. 

 

Hanya saja, diakui dia, kegiatannya dilakukan secara senyap. "Kami tidak ingin show of force atau terpublikasi. Biarlah itikad kami hanya Tuhan YME yang tahu," ucapnya.

Pasalnya, lanjut dia, saat ini dengan memerhatikan intensitas kegempaan yang sering di Indonesia  organisasinya merasa  perlu dibentuk tim rescue kebencanaan.

"Kami minta kepada seluruh jajaran Brigade 08 bertindak kemanusiaan dengan tulus ikhlas tanpa harus show up atau terpublikasi," serunya.
 
Itikad dan niat baik Brigade 08 Purwakarta diapresiasi Calon Bupati Purwakarta Saepul Bahri Binjen atau lebih karib disapa Om Zein.

"Saya salut, karena Brigade 08 telah mewakafkan hidupnya ketika berniat membentuk rescue kebencanaan," ujar Om Zein.

Om Zein menyatakan akan mendukung bahkan menyarankan agar rescue ini berdiri sendiri atau menjadi salah satu bagian divisi di Brigade 08. "Selain ada divisi kerohanian, pengamanan dan lainnya juga nanti ada divisi rescue yang khusus mengurusi kebencanaan," sarannya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT