AHY Masuk Jadi Cawapres Ganjar, PDIP Terendus Mainkan Strategi Cantik Ini: Incarannya Dua Putaran

Minggu, 11 Juni 2023 07:57 WIB

Share
PDIP dianggap mainkan strategi sebut AHY masuk jadi cawapres Ganjar. Foto: Kolase/Ist.
PDIP dianggap mainkan strategi sebut AHY masuk jadi cawapres Ganjar. Foto: Kolase/Ist.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PDIP belakangan menyebut nama AHY menjadi salah satu nominasi capwapres Ganjar Pranowo. 

Walau hanya sekadar nominasi, langkah PDIP memasukkan nama AHY sebagai salah satu cawapres potensial Ganjar dinilai patut dicermati dengan penuh makna dan strategi.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, PDIP memang dicurigai tengah berupaya menjalankan strategi cantik lewat Ketua DPP Puan Maharani.

Puan kini dinilai seolah mulai menjalankan peran juru damai serta meneladani figur sang ayah Taufik Kiemas yang dinilai sangat fleksibel, elastis, ketika hubungan PDIP dan Demokrat tengah renggang di masa pemerintahan SBY.

"Kalau soal penyebutan AHY sebagai cawapres Ganjar, itu terlalu berat.  Tetapi saya menduga ada perubahan strategi yang cantik dari PDI Perjuangan terutama setelah rakernas kemarin," kata Burhanuddin disitat Primetime, Minggu 11 Juni 2023.

Kata dia, PDIP sepertinya mengevaluasi mengapa elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami penurunan dan mulai disalip oleh Prabowo Subianto.
Dari hasil terkaannya, PDIP ternyata merasa selama beberapa bulan terakhir terlalu ekslusif, kurang inklusif, sementara untuk menang dalam konteks Pilpres PDIP harus terbuka kepada siapapun.

Termasuk kepada segmen pendukung partai yang kemungkinan sulit untuk berkoalisi dengan PDIP, dalam hal ini Partai Demokrat.

"Jadi sepertinya PDIP mulai membidik putaran kedua. Nah kalau misalnya Demokrat, PKS, Nasdem, mengusung Anies Baswedan dan kalau berdasarkan survei hari ini Anies tidak lolos putaran kedua, maka PDIP harus agresif mendekati partai-partai pendukung Anies termasuk Demokrat," katanya.

Dengan menyebut nama AHY sebagai nominator cawapres Ganjar, setidaknya PDIP dinilai telah membangun hubungan yang lebih positif dan akan membuat hubungan keduanya akan lebih baik terutama di putaran kedua dalam rangka memenangkan Pilpres 2024.

Maka itu sosok Puan kemudian masuk menjadi juru damai kedua parpol itu. Sebab sang Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dianggap tak bisa masuk, usai sempat menyatakan pernyataan PDI Perjuangan sulit berkoalisi secara nasional dengan Demokrat.

Halaman
Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar