ADVERTISEMENT

Isi Chat Lengkap Haris Azhar ke Luhut Terungkap: Pak, Bantu Urusan Saya Juga Dong

Jumat, 9 Juni 2023 13:37 WIB

Share
Isi chat WA Haris Azhar dan Luhut disampaikan ke majelis hakim. Foto: Kolase/Ist.
Isi chat WA Haris Azhar dan Luhut disampaikan ke majelis hakim. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menunjukkan isi percakapan alias chat dari Haris Azhar di persidangan di PN Jakarta Timur, Kamis 8 Juni 2023.

Chat antara Haris Azhar kepada dirinya itu disampaikan Luhut usai menyatakan di persidangan bahwa hubungan mereka berdua selama ini sebenarnya sangat baik.

Luhut bahkan menyebut bahwa Haris Azhar kerap menemuinya di berbagai kesempatan, baik di rumah dan kantornya untuk membahas sejumlah hal.

Bahkan Haris sempat meminta pertemuan antara dirinya dengan Luhut untuk membahas permintaan saham yang diperuntukkan bagi warga adat di sekitar Tembagapura, Papua, yang dekat dengan lokasi Freeport.

Ketika itu Haris Azhar mengaku sebagai kuasa hukum dari warga adat tersebut. Permintaan pertemuan kemudian dikabulkan oleh Luhut yang diteruskan kepada legal dan staffnya.

Pembahasan isi chat dengan Luhut sempat diprotes kuasa hukum Haris Azhar. Sebab kuasa hukumnya menilai, hubungan pribadi Luhut dan Haris tak ada kaitannya dengan kasus yang menjerat kliennya. 
"Majelis, majelis. Tidak ada relevansinya majelis. Hubungan personal tidak ada relevansinya dengan peristiwa. Tolong itu dicatat, terima kasih," kata salah satu kuasa hukum memprotes.

Isi Chat Haris Azhar dengan Luhut

Berikut isi chat antara Haris Azhar dan Luhut sebelum peristiwa itu berlangsung seperti yang ditayangkan di saluran Youtube Kompas TV.

"Selamat malam pak. Pak, kapan dan bagaimana saya bisa ketemu bapak. Mau bicarakan soal 8.000 karyawan Freeport Indonesia di PHK sepihak. Pemerintah (Menteri ESDM, Menteri Tenaga Kerja) tidak ada yang mau bicara dan urus. Ditunggu kabarnya pak, sebelum Bapak ke Jepang. Makasih. Salam," tulis Haris Azhar 25 Juni 2019.

"Okok, sepulang saya dari G20 ya," jawab Luhut 26 Juni 2019.

"Ok Pak. Sukses meetingnya!" jawab Haris.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT