ADVERTISEMENT

Dua Desa di Jasinga Bogor Kekeringan, BPBD Kirim Air Bersih untuk Sepekan

Kamis, 8 Juni 2023 11:16 WIB

Share
Petugas BPBD Kabupaten Bogor mengirimkan air bersih untuk 2 desa kekeringan di Jasinga. (Ist)
Petugas BPBD Kabupaten Bogor mengirimkan air bersih untuk 2 desa kekeringan di Jasinga. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Di luar fenomena El Nino, wilayah Barat dari Kabupaten Bogor memang kerap mengalami kekeringan dan juga krisis air bersih setiap tahunnya. Saat ini terhitung telah ada dua Desa di Kecamatan Jasinga yang meminta bantuan penyaluran air bersih kepada BPBD Kabupaten Bogor. 

Kalak BPBD Kabupaten Bogor, Asep Sulaeman mengatakan, wilayah barat Kabupaten Bogor memang kerap dilanda kekeringan dan juga krisis air bersih di setiap tahunnya. Hal ini kerap terjadi pada saat pergeseran musim dari penghujan ke kemarau.

"Iya emang itu (kekeringan) si tiap tahun ya, setiap pergantian cuaca ya memang ada kejadian itu. Kita rutin si ke lokasi-lokasi, terutama yang ada permintaan (bantuan air bersih) dari desa atau masyarakat," kata Asep saat dihubungi Poskota, Kamis (8/6/2023).

Saat ini, setidaknya ada dua Desa di Kecamatan Jasinga yang mengalami kekeringan dan juga krisis air bersih. Dua desa tersebut adalah Desa Curug dan Desa Neglasari. 

 

Pengiriman bantuan air bersih ini rencananya pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah akan rutin dilakukan dalam waktu satu pekan ini untuk dua desa terdampak tersebut. 

"(Ratusan jiwa terdampak) karena kan memang disana daerah susah air ya, karena untuk ngebor pun agak susah, jadi mereka mengandalkan ketika hujan besar. Dari PUPR juga ada penampungan air," paparnya.

Kendati mengalami kekeringan, kata Asep, belum ada masyarakat yang mengalami dampak secara signifikan dari krisis air bersih ini.

"Belum ada si, memang membutuhkan air bersih aja untuk sementara dan masih ada hujan juga. Mungkin bulan Juli Agustus perlu diantisipasi perubahannya," urainya.

Lebih lanjut, di tengah fenomena El Nino yang tengah melanda beberapa wilayah di Indonesia, BPBD pun rutin melakukan koordinasi dengan BMKG guna mengantisipasi kekeringan ekstrem di Kabupaten Bogor. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT