ADVERTISEMENT

Bukan Anti Kritik

Rabu, 7 Juni 2023 05:57 WIB

Share
Suara warga yang diabaikan. (Ilustrasi)
Suara warga yang diabaikan. (Ilustrasi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh Joko Lestari, wartawan poskota


DALAM negara demokrasi, kritik itu tidak dilarang, bahkan menyampaikan aspirasi berupa kritikan,dukungan, atau penyampaian pendapat itu dilindungi undang – undang.

Indonesia sebagai negara demokrasi, tentu meniscayakan kritik. Lebih- lebih jika pilar demokrasi dirasa masih kurang lega mewadahi aspirasi.

Kritik juga diperlukan bagi setiap orang, siapa pun dia, apa pun status dan latar belakangnya untuk perbaikan. Ini jika kritik dilakukan secara baik dan benar, penuh etika dan kesopanan.

Ini juga jika kritik dilakukan secara mendasar, bukan asal kritik, tetapi dilandasi data, realita dan fakta yang sebenarnya. Bukan kritik yang hanya bertengger di atas dasar berita hoax.

Kalau sumber informasi untuk mengkritik berasal dari hoax, maka isi kritikan menjadi dua kali lebih hoax.

Jika demikian adanya, maka siapa pun yang hoax akan menjadi lebih hoax, yang dikritik atau pun yang mengkritik?

Sering dikatakan kritik itu saran atau masukan. Memang, pada dasarnya kritik, saran dan masukan beda kata dan makna, tetapi hendaknya kita bijak menyikapi dan pandai.

Arti kritik, merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya.

Maknanya ada pertimbangan baik dan buruk di dalam menyampaikan tanggapan, kalaupun disebut kecaman. Tidak semata menguak semua keburukan, tetapi mengangkat pula sisi positif. Dan, akan lebih bijak lagi jika, disertai solusi.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT