Bank bjb Berkolaborasi Dengan PT PII Dalam Pengembangan Ekosistem Pembiayaan Infrastuktur Melalui Skema KPBU

Rabu, 7 Juni 2023 20:57 WIB

Share

JAKARTA. POSKOTA.CO.ID - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII yang diwakili oleh Direktur Bisnis, Andre Permana bersama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (bank bjb) yang diwakili oleh Direktur Komersial & UMKM, Nancy Adistyasari melaksanakan penandatanganan Kesepakatan Bersama (Memorandum of Undestranding) terkait kolaborasi dalam pengembangan ekosistem pembiayaan infrastruktur melalui skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di Jakarta pada Rabu (7/6).

Selain penandatanganan Kesepakatan Bersama, PT PII dan bank bjb juga melaksanakan program Capacity Building dan diskusi pipeline proyek terkait pengembangan infrastruktur melalui skema KPBU, serta Sharing Knowledge dengan bank bjb sebagai perbankan terkait penerapan skema KPBU serta gambaran proyek KPBU yang sudah berjalan sebelumnya di beberapa sektor.

Direktur Utama PT PII, M. Wahid Sutopo menyampaikan pada kegiatan tersebut bahwa PT PII menyambut baik penandatanganan Kesepakatan Bersama ini untuk lebih meningkatkan sinergi bersama bank bjb dalam pengembangan ekosistem pembiayaan infrastruktur melalui skema KPBU. PT PII juga berharap dengan kerja sama ini akan meningkatkan minat partisipasi perbankan untuk membiayai proyek dengan skema KPBU.

“Kami sangat mengapresiasi bank bjb sebagai pendorong keikutsertaan perbankan dalam pengembangan ekosistem pembiayaan infrastruktur melalui skema KPBU untuk percepatan pembangunan infrastruktur nasional. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis PT PII dalam upaya penguatan ekosistem pengembangan infrastruktur skema KPBU khususnya dalam mempercepat pembiayaan proyek melalui skema KPBU dan juga sebagai bentuk komitmen PT PII sebagai salah satu Special Mission Vehicles (SMV) Kementerian Keuangan dalam rangka penyebarluasan pemahaman dan pengetahuan mengenai skema pembiayaan KPBU dan penjaminan pemerintah kepada Perbankan khususnya bank bjb serta kami berharap Kesepakatan Bersama ini dapat berlanjut hingga tahap implementasi,” kata Sutopo.

Hal senada juga disampaikan Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari yang menyambut positif kolaborasi dan sinergi bank bjb dengan PT PII.

Dia menegaskan bank bjb sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) terbesar di Indonesia akan senantiasa mendukung akselerasi pembangunan melalui berbagai jasa layanan perbankan yang inovatif.

"KPBU adalah skema pembiayaan pembangunan infrastruktur yang solutif dalam mengatasi keterbasatan APDB/APBN, sehingga bank bjb sebagai mitra stretgis pemerintah senantiasa mendukung kemajuan dan keberlangsungan ekosistem skema tersebut. Hal ini sejalan dengan semangat bank bjb dalam berperan aktif memajukan perekonomian Indonesia," ungkap Nancy. (toga)

 

Reporter: Fernando Toga
Editor: Fernando Toga
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar