Terungkap! 2 Penyebab Elektabilitas Anies Baswedan Terus Menurun: Jokowi Berperan Besar!

Senin, 5 Juni 2023 13:07 WIB

Share
Elektabilitas Anies Baswedan terus menurun karena Jokowi. Foto: Kolase/Ist.
Elektabilitas Anies Baswedan terus menurun karena Jokowi. Foto: Kolase/Ist.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Elektabilitas Anies Baswedan disebut makin merosot turun. Hal ini seperti tercantum dalam hasil survei Indikator Politik yang baru saja dirilis pada Minggu 4 Juni 2023 kemarin.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan, elektabilitas Anies Baswedan mengalami penurunan yang menjadi 12,5 persen. Tren penurunan disebut telah terjadi sejak Juli 2022 lalu.

Elektabilitas Anies Baswedan yang kini berada di posisi ketiga setelah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo itu, disebutkan terjadi karena dua faktor utama.

"Tren penurunan Mas Anies belum berhenti. Ada dua penyebab mengapa Mas Anies mengalami penurunan," kata dia disitat AKI Pagi, Senin 5 Juni 2023.

Faktor pertama yakni approval rating Presiden Jokowi yang masih sangat tinggi. Dalam survei Indikator Politik, approval rating Jokowi disebut malah naik sekira 3 persen dari 76 ke 79,2 persen.

Angka ini memang masih sedikit di bawah survei-survei lain yang menyebut angka approval rating Jokowi ada di kisaran 82 persen. 

Akan tetapi dari gambaran ini terlihat jelas bahwa kepuasan masyarakat pada Jokowi justru makin meningkat, yang berimbas pada tertekannya elektabilitas Anies Baswedan.

"Jadi anggapan Mas Anies seperti yang disampaikan Zulfan Lindan bahwa dia adalah capres antitesa Jokowi, memang membuat ruang gerak beliau agak terbatas, ketika tingkat kepuasan terhadap presiden kini justru meningkat," kata dia.

Lain soal jika dalam 9 bulan ke depan, tren kepuasan masyarakat pada Presiden Jokowi turun, itu akan menjadi kabar baik bagi Anies Baswedan.

Faktor kedua menurunnya elektabilitas Anies Baswedan adalah kinerja tim Prabowo Subianto yang dianggap mulai merangsang basis-basis lamanya. Sehingga beberapa pemilih tradisional Prabowo yang sempat lari ke Anies Baswedan disebut mulai kembali ke Prabowo.

Halaman
Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar