ADVERTISEMENT

Permudah Koordinasi, PLN Hadirkan Pengatur Distribusi Listrik Mobile Pertama di Formula-E 2023

Senin, 5 Juni 2023 11:24 WIB

Share
Foto: PLN Hadirkan Pengatur Distribusi Listrik Mobile Pertama di Formula-E 2023. (Ist.)
Foto: PLN Hadirkan Pengatur Distribusi Listrik Mobile Pertama di Formula-E 2023. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mempermudah koordinasi kelistrikan dalam siaga event besar dan penting, untuk pertama kalinya PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya hadirkan pengatur distribusi listrik atau Distribution Control Center (DCC) Mobile langsung di lokasi Jakarta E-Prix 2023, Ancol Jakarta Utara.

DCC merupakan pusat pengatur distribusi listrik 20 kilo Volt (kV) untuk memonitor tegangan dan beban listrik mulai dari suplai Gardu Induk sampai ke lokasi acara secara realtime dengan menggunakan seperangkat alat berbasis teknologi digital. Untuk wilayah Jakarta Raya, DCC berada di kantor Unit Pelaksana Pengatur Distribusi, Gambir.

Sebelumnya alur koordinasi dari petugas di lapangan ke DCC Gambir masih menggunakan alat komunikasi. Namun sekarang dengan adanya DCC Mobile yang ditempatkan langsung di setiap lokasi acara, koordinasi bisa langsung dilakukan sehingga bisa lebih efektif dan efisien. Setiap keputusan dapat diambil secara komprehensif dan cepat sehingga pasokan listrik ke lokasi acara lebih andal lagi.

DCC mobile ini terhubung dengan peralatan pendukung keandalan listrik di lapangan dan dilengkapi dengan human machine interface sebagai alat komunikasi dengan infrastruktur tersebut. Kondisi terkini dari setiap peralatan yang digunakan mulai dari gardu induk, gardu distribusi, UPS, sampai ke panel tegangan rendah dapat dipantau di DCC Mobile ini. Pihak penyelenggara acara juga bisa memantau secara langsung pasokan listrik yang mendukung acaranya.

Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya mengatakan, "DCC Mobile ini merupakan salah satu inovasi digital PLN untuk siaga kelistrikan pada event berskala besar dan yang pertama di Jakarta adalah di Formula E ini. Kita bisa memonitor beban listrik sampai dengan UPS di DCC Mobile."

Doddy menambahkan, panitia peneyelenggara event besar bisa semakin percaya bahwa listrik PLN cukup dan andal dengan didukung UPS serta peralatan digital untuk monitoring langsung di lapangan.

"Tentunya PLN komit untuk menyalurkan listrik yang andal, dan bersih di lokasi acara karena tidak ada polusi udara dan suara, jadi tidak perlu lagi ragu menggunakan listrik PLN," Doddy melanjutkan.

DCC Mobile ini selanjutnya akan digunakan untuk acara-acara besar berskala nasional dan internasional yang membutuhkan keandalan listrik tinggi.

Panitia penyelenggara acara yang ingin menggunakan tambahan listrik PLN dalam acara bisa langsung menghubungi PLN melalui PLN Mobile. (Ril)

ADVERTISEMENT

Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT