ADVERTISEMENT

PSI Dukung Kaesang Maju di Depok, Pakar Sudah Tebak demi Ciptakan Riak-riak Politik

Minggu, 4 Juni 2023 07:48 WIB

Share
PSI dukung Kaesang maju wali kota Depok. Foto: Kolase/Ist.
PSI dukung Kaesang maju wali kota Depok. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dukung Kaesang Pangarep untuk maju sebagai wali kota Depok. Untuk memuluskan rencana, PSI juga turut meminta dukungan ke ayah Kaesang, Joko Widodo.

Terkait PSI dukung Kaesang maju jadi wali kota Depok, pakar komunikasi politik Karim Suryadi memberikan analisanya.

Menurut dia langkah PSI dukung Kaesang di Depok menjadi satu langkah yang perlu dicermati masak-masak. Diduga ada upaya menciptakan riak-riak politik atas isu majunya Kaesang di Depok.

"Ada pepatah dalam politik, seorang politisi itu harus seperti ikan, dia harus membuat riak agar hidup. Jadi menurut saya, ya layaknya ikan ini sebuah riak yang diciptakan, akan ada gelombang agar-agar udara masuk," kata Karim disitat Sapa Indonesia Malam, Minggu 4 Juni 2023.

Karim sendiri mengaku tak membaca arah dukungan PSI ke Kaesang sebagai sesuatu yang serius. Sebab ada tiga alasan yang dianggap mesti dijawab oleh Kaesang sendiri termasuk PSI.

Kata Karim, siapapun termasuk Kaesang ketika dia setuju untuk dicalonkan maju sebagai wali kota Depok, yang pertama beliau harus mampu membuat peta sosial politik ekonomi wilayah di sana.

"Dan saya yakin itu tidak ada dalam benak Kaesang, sebab dia tidak pernah tinggal di Depok, dia bukan warga Depok, dia tidak mengalami. Dengan kata lain, Depok bukan landscapenya, bukan wilayah nya Kaesang. Wilayah Kaesang adalah di Solo," katanya.

Hal kedua, menurutnya, selain harus menggambarkan tentang peta sosial politik, ekonomi, budaya, serta wilayah kekuasaannya, Kaesang juga disebut harus berani menjawab pertanyaan apa yang akan dia bawa ke dalam jabatannya.

Dalam hal ini berupa pengalaman yang relevan dengan jabatannya.

"Silakan jawab apakah dia punya pengalaman jabatan yang relevan bagi tugasnya sebagai wali kota?"

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT