Pemberlakuan untuk KRL Jabodetabek Bertahap GAPEKA, Ini Aturannya

Sabtu, 3 Juni 2023 13:29 WIB

Share
Perjalanan Kereta. (ist)
Perjalanan Kereta. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) yang baru sejak 1 Juni 2023.

Khusus untuk kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek, grafik perjalanan baru ini akan diterapkan secara bertahap.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal.

Sebagai informasi, Grafik Perjalanan Kereta (GAPEKA) adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan.

Dalam GAPEKA, seluruh informasi tersebut digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Adapun GAPEKA yang berlaku saat ini merupakan GAPEKA yang ditetapkan pada tahun 2021.

Per 1 Juni 2023, GAPEKA baru akan diberlakukan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perkeretaapian Nomor KP-DJKA 67, 68, 69 dan 70 Tahun 2023. 

Penyesuaian GAPEKA ini dilakukan menyusul dirampungkannya beberapa pekerjaan pembangunan dan peningkatan prasarana oleh DJKA.

Beberapa pekerjaan yang telah rampung tersebut antara lain Double-Double Track Cakung-Bekasi, Double Track Lintas Utara Jawa dan beberapa ruas Double Track Lintas Selatan Jawa, penambahan jalur KA baru (Kedundang-Bandara YIA), penambahan intermediate block petak jalan antara Muara enim- Prabumulih X6, pembangunan jembatan BH 1120 petak jalan Bumiayu-Linggapura, serta peningkatan Stasiun Manggarai.

"Alhamdulillah beberapa proyek yang telah kami rampungkan memungkinkan peningkatan batas kecepatan pada petak-petak jalan tertentu serta peningkatan frekuensi perjalanan KA oleh operator," beber Risal, dalam keterangannya, Sabtu (3/6/2023).

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar