Suhu Mencapai 41 Derajat Celcius, Jemaah Haji Asal Indonesia Diimbau Untuk Mengurangi Kegiatan Diluar Hotel

Jumat, 2 Juni 2023 22:18 WIB

Share

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Kepala Biro Humas Data dan Informasi Setjen Kemenag Akhmad Fauzin mengimbau kepada jemaah haji Indonesia yang sudah masuk Kota Mekkah agar menjaga kesehatan dan mengurangi kegiatan di luar hotel. Hal tersebut lantaran suhu Kota Mekkah lebih panas dari Madinah.

Fauzin menyampaikan suhu di Madinah saat ini berkisar 26-40 derajat celcius dan di Mekkah 31-41 derajat celcius. 

"Temperatur Kota Makkah yang lebih panas, para jemaah  khususnya lanjut usia untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mengindahkan anjuran pemerintah untuk menjaga kesehatan, mengurangi aktivitas di luar hotel dan masjid, dan istirahat yang cukup," papar Fauzin dalam keterangannya di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat  (2/6/2023).
 

Ia menyarankan bila akan keluar hotel, selalu gunakan alas kaki dan kaos kaki untuk menghindari kaki melepuh. Ia pun menyarankan jika jemaah kehilangan alas kaki, jangan memaksakan diri pulang ke hotel tanpa sandal di siang hari, dan segera temui petugas untuk minta bantuan.

"Selalu mengenakan identitas pengenal, terutama gelang jemaah. Upayakan selalu berkelompok dan jangan memisahkan diri. Selalu saling bantu dan tolong menolong antarjemaah. Jangan sungkan untuk minta bantuan kepada petugas selama di embarkasi, pesawat, dan di Kota Madinah," utara Fauzin.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga tanggal 02 Juni 2023, pukul 24.00 WIB, jemaah dan petugas yang sudah tiba di Kota Madinah berjumlah 53.627 orang atau 139 kelompok terbang. 

Jumlah jemaah sakit yang dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) sebanyak 93 orang, dengan rincian: rawat jalan sebanyak 33 orang, rawat inap 35 orang, dan rawat inap di RSAS sebanyak 25 orang.

Setidaknya ada tiga hal yang sudah dipersiapkan panitia untuk memfasilitasi aktivitas ibadah jemaah haji Indonesia selama di Makkah. Pertama, menyiapkan 108 hotel. Hotel ini tersebar pada lima wilayah di Makkah, yaitu: Jarwal, Misfalah, Raudhah, Syisyah, dan Mahbas Jin.

Kedua, menyiapkan layanan konsumsi. Di Makkah, jemaah akan mendapat tiga kali makan sehari, berupa sarapan, makan siang, dan makan malam. Ketiga, untuk mempermudah giat ibadah jemaah selama di Mekkah, PPIH Arab Saudi juga telah menyiapkan angkutan bus Shalawat yang akan mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram, pergi pulang selama 24 jam. (johara)
 

Reporter: Agus Johara
Editor: Fernando Toga
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar