ADVERTISEMENT

Jadi Kapal Kepresidenan, Ini Kelebihan Korvet Tempur KRI Bung Karno yang Dibanggakan Mega dan Puan

Jumat, 2 Juni 2023 11:29 WIB

Share
KRI Bung Karno resmi jadi kapal kepresidenan. Foto: TNI AL.
KRI Bung Karno resmi jadi kapal kepresidenan. Foto: TNI AL.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kapal korvet KRI Bung Karno - 369 kini akhirnya memperkuat armada TNI AL. Kapal ini secara resmi diperkenalkan ke publik pada Kamis 1 Juni 2023.

Peresmian KRI Bung Karno – 369 tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Ketua DPR RI Puan Maharani. 

Menurut Kasal, saat keadaan damai, KRI Bung Karno -369 bakal dijadikan sebagai kapal kepresidenan.

“Kapal ini akan ditempatkan di Armada I yang bermarkas di Tanjung Pinang. Dalam kondisi damai akan diperuntukan sebagai Kapal Kepresidenan, dan saat kondisi mendesak KRI Bung Karno akan full mission untuk bertempur”, kata dia dalam keterangannya, Jumat 2 Juni 2023.

Kasal menyebut, TNI AL juga merencanakan akan membangun kapal kedua dari tipe yang sama dan sudah diprogramkan dengan persenjataan yang lebih lengkap.

Mega dan Puan Bangga dengan KRI Bung Karno

Sementara itu, Megawati Soekarnoputri mengaku bangga dengan penamaan KRI Bung Karno.

Menurutnya nama Bung Karno lebih tepat disematkan menjadi nama kapal lantaran sosoknya ketika menjadi Presiden RI selalu dekat dengan rakyatnya. Sehingga, dia berharap, KRI Bung Karno bisa menjangkau lautan Tanah Air dan berkeliling bertemu rakyat. 

Hal senada juga disampaikan oleh Puan Maharani. “Saya bangga menyaksikan acara serah terima dan peresmian Kapal Korvet KRI Bung Karno, apalagi kapal Bung Karno ini 100 persen adalah buatan anak bangsa”, katanya. 

Kelebihan Kapal Korvet KRI Bung Karno

KRI ini hadir untuk memperkuat Armada TNI AL yang akan dioperasionalkan dalam mendukung pelaksanaan Operasi Militer Perang (OMP), serta mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP). 

Selain itu korvet baru ini akan menggantikan kapal kepresidenan KRI Barakuda-633 yang sudah beroperasi selama 27 tahun. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT