ADVERTISEMENT

Buntut Jokowi Cawe-cawe, PKS Yakin Anies Bakal Bersikap Ini ke Presiden Kalau Menang Pilpres 2024

Jumat, 2 Juni 2023 09:35 WIB

Share
PKS minta aksi Jokowi cawe-cawe dihentikan. Foto: Kolase/Ist.
PKS minta aksi Jokowi cawe-cawe dihentikan. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Politisi PKS Mardani Ali Sera mengkritik aksi Presiden Jokowi cawe-cawe terhadap kontestasi Pilpres 2024. 

Menurut Mardani aksi Jokowi cawe-cawe sangat berbahaya bagi kehidupan politik di Tanah Air. Sebab Presiden dianggap bukan cuma sekadar kepala pemerintahan, tetapi juga kepala negara. 

Berbeda dengan aksi Jokowi cawe-cawe, presiden-presiden sebelumnya justru dikatakan Mardani malah selalu mencoba menjaga netralitas dan acap memfasilitasi semua pihak yang maju. Terlebih dalam konteks sosiologis, masyarakat Indonesia dinilai sangat paternalistik.

"Saya lagi pikir akan sangat baik, Pak Jokowi kan orang Jawa ya, orang Jawa Itu biasanya menang tanpa ngasorake gitu. Yang ini kayaknya 'wah' begitu, pokoknya menepuk dada begitu, dan itu bukan Jawani sekali padahal," kata Mardani Ali Sera di Dua Sisi, disitat Jumat 2 Juni 2023.

Menurutnya, apa salahnya seorang presiden menyatakan bakal memfasilitasi semua kandidat yang maju karena mereka adalah putra-putri terbaik bangsa.

"Saya malah Puji Pak Prabowo, Pak Prabowo itu bilang, jangan cela Mas Ganjar, jangan cela Mas Anies, karena dua-duanya itu putra terbaik bangsa," kata Mardani.

Andaipun Jokowi bersikap negarawan seperti Prabowo, dipastikan Anies akan menghormatinya kelak jika memenangi pertarungan.

"Nanti kalau Pak Jokowi bersikap seperti itu (netral), kalau Anies menang, Anies yang akan sowan ke Pak Jokowi 'matur nuwun sudah menjaga netralitas, sudah menjadi seorang negarawan'."

Hal berbeda jika aksi Jokowi cawe-cawe di Pilpres 2024 tetap dilakukan. PKS yakin Anies akan memiliki sikap berbeda dengan Jokowi karena dirinya yang terlalu mencampuri banyak persoalan.

"(Kalau Anies menang) Karena dia presiden, (Anies) tetap akan datang, tapi beda rasanya, karena (Jokowi) tidak netral begitu loh," katanya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT