ADVERTISEMENT

Chen, Baekhyun, Xiumin 'EXO' Ajukan Pemutusan Kontrak dan Tuntut Keadilan dari SM Entertainment

Kamis, 1 Juni 2023 15:00 WIB

Share
Chen, Baekhyun, Xiumin 'EXO' Ajukan Pemutusan Kontrak dan Tuntut Keadilan dari SM Entertainment (lst)
Chen, Baekhyun, Xiumin 'EXO' Ajukan Pemutusan Kontrak dan Tuntut Keadilan dari SM Entertainment (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tiga anggota EXO yakni, Chen, Bakehyun dan Xiumin baru saja menyampaikan pernyataan bahwa ketiganya mengajukan pemutusan kontrak dengan SM Entertainment.

Melalui perwakilan hukum dan pengacara Lee Jae Hak dari firma hukum Lin pada Kamis (1/6/2023), Chen, Bakehyun dan Xiumin menuntut transparansi dari pihak agensi yang selama ini telah menaunginya.

"Sejak 21 Maret hingga saat ini, ketiga anggota mengirim sertifikasi sebanyak tujuh kali, dan melalui ini, mereka meminta salinan laporan penyelesaian yang transparan dan dasar penyelesaian." Kata salah satu perwakilan hukum Chen, Bakehyun dan Xiumin.

“Meskipun para seniman dengan sungguh-sungguh meminta agar salinan data penyelesaian diberikan paling lambat 31 Mei melalui bukti isi dalam beberapa kesempatan, karena dasar penyelesaian tidak diberikan, kontrak eksklusif yang ada mau tidak mau diakhiri per 1 Juni,” lanjutnya.

Chen, Bakehyun dan Xiumin menyampaikan informasi mengenai pemutusan kontrak eksklusifnya yang dimulai pada 1 Juni.

Menurut perwakilan hukum dari pihak Chen, Bakehyun dan Xiumin, agensi berusaha untuk melakukan kontrak eksklusif dengan para artisnya yang berlaku setidaknya 17-18 tahun. 

“Setelah SM menandatangani kontrak jangka panjang dengan artis lebih dari 12 hingga 13 tahun di masa lalu, periode ini tidak cukup, jadi mereka meminta mereka menandatangani kontrak eksklusif berikutnya lagi, dan periode kontrak jangka panjang dari setidaknya 17 tahun atau lebih dari 18 tahun. Mereka juga berulang kali melakukan tirani yang sangat tidak adil, seperti membuat klaim,” ungkap perwakilan hukum tersebut.

“Tentang ini, artis merasa bahwa SM memaksa artis untuk menandatangani apa yang disebut kontrak budak berdasarkan posisi superior mereka selama 20 tahun, termasuk periode trainee yang tidak sedikit,” sambungnya.

Perwakilan Chen, Bakehyun dan Xiumin juga menambahkan, "Ini adalah SM sekali lagi melakukan penggunaan kekuasaan yang tidak adil terhadap artisnya."

Akibat hal itu, pihak dari SM Entertainment menanggapi hal tersebut dengan memberikan pernyataan resmi terkait pengajuan pemutusan kontrak eksklusif Chen, Bakehyun dan Xiumin dengan agensi.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT