Penumpang KAI Meningkat 22 Persen Jelang Libur Panjang

Rabu, 31 Mei 2023 22:01 WIB

Share
Tiket mudik 2023 dengan kereta api sudah bisa dibeli. Foto: Dok Ist.
Tiket mudik 2023 dengan kereta api sudah bisa dibeli. Foto: Dok Ist.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat terjadi tren kenaikan volume penumpang yang cukup signifikan jelang libur panjang.

Adapun libur panjang tersebut dikarenakan adanya hari Lahir Kesaktian Pancasila pada Kamis 1 Juni 2023 dan cuti bersama Hari Raya Waisak pada Jumat, 2 Juni 2023.

KAI mencatat, volume pelanggan Kereta Api Jarak Jauh pada periode keberangkatan hari Rabu 31 Mei 2023 sampai dengan Kamis 1 Juni 2023 yaitu 196.008 pelanggan, naik 22 persen dibanding pekan sebelumnya hari Rabu 24 Mei 2023 sampai Kamis 25 Mei 2023 sebanyak 160.642 pelanggan.

Untuk rute favorit pilihan masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta-Bandung PP, Jakarta-Yogyakarta PP, Jakarta-Surabaya PP, Bandung-Surabaya PP, dan tujuan lainnya.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, jumlah volume pelanggan tentunya masih dapat berubah dan mengalami kenaikan, karena masih dibukanya pemesanan tiket, baik itu secara online ataupun pembelian tiket go show 3 jam sebelum keberangkatan serta pembelian tarif khusus 2 jam sebelum keberangkatan.

Untuk mengakomodir meningkatnya volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan tersebut, total perjalanan KA Jarak Jauh yang dioperasikan adalah sebanyak 1.109 perjalanan KA atau rata-rata 222 perjalanan KA per hari, naik 4 persen dibanding pekan sebelumnya yaitu rata-rata 214 perjalanan KA per hari.

"Penambahan perjalanan kereta api tersebut sebagai bagian dari komitmen peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan khususnya pada masa high season seperti long weekend ini," kata Joni.

KAI juga mengimbau kepada pelanggan agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta api yang tertera pada tiket atau e-ticket untuk keberangkatan kereta api per 1 Juni 2023. Hal ini seiring dengan pemberlakuan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2023 yang akan dimulai pada 1 Juni 2023.

Disisi lain, KAI terus mengingatkan kepada seluruh pelanggan agar turun di stasiun yang tertera di tiket. Sebab, jika pelanggan didapati sengaja turun melebihi stasiun yang tertera di tiket, maka yang bersangkutan akan diturunkan di stasiun terdekat yang berkemungkinan jauh dari akses jalan raya.

Joni menegaskan, kondektur dibekali dengan aplikasi Check Seat Passenger sehingga dapat mengetahui identitas penumpang, tempat duduk, dan relasi tiket yang dibeli.

Halaman
Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar