Pergerakan Tanah Terjadi di Cibinong Bogor, Satu Rumah Ambruk

Sabtu, 27 Mei 2023 15:23 WIB

Share
Rumah ambruk. Ist
Rumah ambruk. Ist

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Satu unit rumah di Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor ambruk akibat terdampak penurunan permukaan tanah. Akibatnya pemilik rumah mengungsi untuk sementara waktu. 

Staff Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, penurunan tanah ini terjadi pada Jum'at (26/5) sekira pukul 09.15 WIB.

"Disebabkan karena adanya penurunan pada permukaan tanah yang mengakibatkan kerusakan pada konstruksi bangunan rumah," kata Jalal melalui keterangannya, Sabtu (27/5/2023).

Akibat aktivitas pergerakan tanah tersebut membuat satu rumah yang diisi oleh 4 jiwa ambruk dengan perkiraan dampak mengalami rusak ringan.

"Korban pun mengungsi ke rumah saudaranya," kata Jalal.

BPBD memperkirakan kontruksi bangunan yang kurang kokoh menjadi faktor tambahan ambruknya bangunan rumah warga ini. 

"Konstruksi bangunan kurang kokoh dan perlu penanganan lebih lanjut dari dinas terkait," paparnya.

Selain rumah terdampak, pergerakan tanah ini pun turut mengancam satu unit rumah lainnya yang lokasinya berdekatan dan dihuni oleh 5 jiwa.

Saat ini, BPBD pun tengah melakukan koordinasi dengan aparat setempat dan melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) Kebencanaan

"Melakukan kaji cepat bencana, melakukan analisa, memberikan edukasi kebencanaan dan himbauan," urainya.

Halaman
Reporter: Panca Aji
Editor: Fernando Toga
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar