KKB Ancam Tembak Pilot Susi Air, TNI Merespons: Satu Tetes Darah akan Bakar Banyak Masalah di Sini

Sabtu, 27 Mei 2023 12:30 WIB

Share
KKB ancam tembak pilot Susi Air. Foto: Kolase/Ist.
KKB ancam tembak pilot Susi Air. Foto: Kolase/Ist.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) mengancam akan tembak pilot Susi Air Philip Mehrtens yang mereka sandera jika dalam dua bulan ke depan tak ada proses negosiasi.

Kabar soal KKB ancam tembak pilot Susi Air itu disampaikan mereka usai video terbaru yang dirilis pada Jumat 27 Mei 2023 keluar.

Dalam video yang beredar, nampak disebutkan dengan tegas bahwa KKB akan tembak pilot Susi Air, dengan hanya ketentuan dua bulan saja proses negosiasi dilakukan.

"Jika itu (negosiasi) tidak terjadi, dalam waktu dua bulan mereka mengatakan akan menembak saya," kata Mehrtens dalam video tersebut, dikutip Sabtu 27 Mei 2023.

Bukan cuma itu saja, KKB juga ikut mengancam akan menembak pilot Susi Air jika negara tidak mengakui kemerdekaan Papua. 

KKB pimpinan Egianus Kogoya meminta agar negara untuk mengaku kemerdekaan Papua dalam dua bulan. Dan jika tidak, maka KKB ancam tembak pilot Susi Air.

Sementara itu, Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, menyebut upaya pembebasan terhadap Mehrtens terus diupayakan. hingga kini. Akan tetapi TNI ditegaskan bakal melakukan jalur komunikasi ketimbang cara-cara kekerasan.

"Penanganan pilot Susi Air sedang berjalan, kita tidak menghendaki ada pertumpahan darah di sini. Karena satu tetes darah di sini akan membakar permasalahan yang sangat banyak," kata Izak, Jumat 26 Mei 2023.

Maka itu, pihaknya mengaku akan mengedepankan komunikasi yang baik dengan pihak KKB. 

"Pembebasan pilot tentunya akan terus kita upayakan dan kita berharap dari sini kita akan banyak belajar termasuk masyarakat Papua, khususnya bagi mereka yang melakukan penyanderaan, agar banyak belajar, apalagi kita melakukan satu tindakan yang merugikan banyak orang."

Halaman
Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar