ADVERTISEMENT

Mahasiswa FTUI Rancang TODerse Aplikasi Bebas Macet Berkonsep TOD

Jumat, 26 Mei 2023 21:32 WIB

Share
Gedung rektorat Universitas Indonesia Depok. (Ist)
Gedung rektorat Universitas Indonesia Depok. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tiga mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTSL FTUI) merancang aplikasi inovatif terintegrasi untuk mengatasi kemacetan. 

Aplikasi yang diberi nama TODerse dirancang oleh Wahyu Aji Syahputra, Zuniar Ayu Permata Sari, dan Muhammad Hafiz Risat Julian dibawah bimbingan Guru Besar dan Pakar Transportasi DTSL FTUI, Prof. Dr. Ir. Sutanto Soehodho, M.Eng. 

Dilansir dari penelitian Perusahaan Analisis Transportasi yang berkembang di Washington DC, Indonesia tercatat sebagai negara dengan tingkat kemacetan kedua terburuk di dunia. Cukup banyak strategi dan solusi yang digagas untuk mengatasi kemacetan Indonesia, salah satunya adalah perencanaan kawasan Transit Oriented Development (TOD). 

TOD merupakan kawasan yang memadukan fungsi transit dengan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik, dengan intensitas pemanfaatan ruang yang tinggi.

 

Sayangnya, rencana ini belum diimplementasikan secara optimal. TODerse sendiri digagas sebagai aplikasi terintegrasi sebagai bentuk optimalisasi rencana kawasan TOD untuk mengatasi masalah kemacetan.  

Sebenarnya pengembangan TOD di Indonesia sudah dilakukan, seperti contohnya di DKI Jakarta, tetapi belum secara ideal dan optimal.

Ada beberapa faktor penyebabnya, seperti lifestyle dan mindset masyarakat terkait penggunaan transportasi publik dan menetap di kawasan TOD. TODerse lahir sebagai inovasi dan implementasi media berbasis digital terhadap Urban Living Sustainability. 

Pemilihan aplikasi juga dilakukan sebagai solusi perkembangan masyarakat Indonesia yang mayoritas memakai smartphone. Dengan adanya aplikasi TODerse ini, diharapkan dapat mendukung aktivitas dan produktivitas masyarakat urban berdasarkan prinsip dan konsep kawasan TOD.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT