Keberhasilan Erick Thohir di PSSI Kuatkan Elektabilitas Cawapres

Jumat, 26 Mei 2023 17:06 WIB

Share
Kuatnya Elektabilitas Cawapres Erick Thohir Berkat Keberhasilannya di PSSI (Instagram/erickthohir)
Kuatnya Elektabilitas Cawapres Erick Thohir Berkat Keberhasilannya di PSSI (Instagram/erickthohir)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Peneliti Litbang Kompas, Bambang Setiawan menyatakan keberhasilan Erick Thohir di PSSI menguatkan elektabilitas di bursa calon wakil presiden (cawapres) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Pasalnya berdasarkan hasil temuan terbaru dari Litbang Kompas, elektabilitas cawapres pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengalami kenaikan.

“Namanya (Erick Thohir) sebagai Ketua PSSI semakin dikenal,” terang Bambang dalam kanal YouTube Harian Kompas.

Elektabilitas Erick Thohir terekam meningkat dari bulan Januari ke Mei sebesar 1,4 persen. Berdasarkan bursa cawapres Litbang Kompas sosok pemimpin yang juga Menteri BUMN ini berada di posisi teratas.

Ia memiliki elektabilitas pada bulan Mei sebesar 4,5 persen dari sebelumnya yang hanya 3,1 persen. Bambang menyatakan hal tersebut lantaran keberhasilan Erick Thohir dalam pusaran dinamika Piala Dunia U-20 lalu.

Di mana Erick Thohir berhasil bernegosiasi bersama FIFA agar tidak menjatuhkan sanksi berat kepada Indonesia. 

“Aktivitas Erick Thohir meningkat sejak kasus Piala Dunia U-20 itu. Terutama upaya Erick Thohir untuk membatalkan keputusan FIFA cukup dihargai masyarakat,” ujar Bambang.

Pun Indonesia tidak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 karena dinamika yang terjadi namun masyarakat menghargai perjuangan yang dilakukan oleh Erick Thohir dalam mengamankan dunia sepak bola Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi yang menginginkan agar Indonesia tidak terkucilkan dari komunitas internasional.

“Meskipun tidak mengembalikan posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, tampaknya simpati orang terhadap Erick Thohir mulai muncul,” pungkasnya.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar