ADVERTISEMENT

Jelang Idul Adha 2023, 25 ribu Sapi Bima Siap Banjiri Pasar Jabodetabek

Jumat, 26 Mei 2023 15:28 WIB

Share
sapi potong jelang Idul Adha 2023. Ist
sapi potong jelang Idul Adha 2023. Ist

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bima memastikan ketersediaan sapi potong jelang Idul Adha 2023 mendatang dalam kondisi aman dan terkendali. Tercatat, pengiriman sapi bima untuk wilayah Jabodetabek mencapai 24.000 ekor yang akan dikirim melalui kapal-kapal trak.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bima, Indra Jaya menyampaikan bahwa kondisi sapi yang dikirim adalah sapi sehat yang sudah melalui berbagai pemeriksaan tim dokter hewan setempat. Sebagian di antaranya bahkan sudah dilakukan penggemukan sejak beberapa bulan lalu.

"Jadi saya pastikan jelang idul adha mendatang sapi Bima siap memenuhi pasar Jabodetabek dan kota-kota lainya. Semua sapi sehat karena sudah melalui pemeriksaan ketat dari dokter hewan yang bertugas," ujar Indra dalam keterangannya,  Jumat (26/5/2023).

idu

Menurut Indra, satu-satunya masalah yang masih dihadapi adalah kurangnya kapal pengangkut menuju Gilimanuk, Bakauheni dan sampai pada pelabuhan Jakarta. Meski begitu, masalah tersebut sudah diurai dan sapi yang dikirim sudah 90 persen. 

"Hampir 90 persen sudah berangkat walaupun sebelumnya ada masalah pada kapal pengangkut. Jadi sekalu lagi untuk kesiapan dan ketersediaan dalam kondisi aman," katanya.

Sejauh ini, Indra menyampaikan terimakasih kepada jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) yang terus mendampingi peternak dalam proses penggemukan. Mereka bahkan diberi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagian akses permodalan.

"Kelompok petani prioritas Kabupaten Bima Alhamdulliah sudah mendapat perhatian baik dari Pemda maupun Kementan. Salah satunya dengan akses KUR pertanian," katanya. (rizal)

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT