ADVERTISEMENT

Kopi Pagi Harmoko: Bijak Bertutur, Bijak Pula Merespons

Kamis, 25 Mei 2023 06:17 WIB

Share
Kopi Pagi Harmoko.
Kopi Pagi Harmoko.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

“Pandai membaca keadaan sehingga mengetahui waktu yang tepat kapan harus berbicara dan kapan harus diam, menjadi salah satu ciri orang bijak. Tidak tergiur menilai orang lain meskipun tidak sesuai dengan pendapatnya.”

-Harmoko-
 
Bersikap bijak, bisa dikatakan yang paling dibutuhkan dalam menyikapi dinamika politik yang terjadi belakangan ini. Bijak, bukan hanya dalam berkomentar, memberi pernyataan, menyampaikan pesan dan saran. Tetapi bijak pula dalam merespons pesan.
 
Menjelang pilpres dan pileg, dinamika politik semakin dinamis yang diwarnai dengan kian beragamnya isu politik bertebaran di dunia maya, juga aktivitas politik dalam dunia nyata. 

Pernyataan para elite politik pun terlihat sudah saling serang, baik melalui sindiran, pesan tersembunyi, maupun pernyataan politis yang kadang bombastis. 

Meski begitu secara keseluruhan dinamika politik yang terjadi belakangan ini masih dalam batas kewajaran. Menjadi masalah, jika setiap pernyataan elite politik digugat, dibawa ke jalur hukum untuk dipidanakan.

Idealnya setiap pesan politik, direspons dengan pesan pula. Jika pesan yang disampaikan keliru, kurang tepat, tunjukkan kepada publik, bahwa pesan tersebut tidaklah tepat sasaran. 

Biarlah publik yang menganalisa dan menilainya sebagai rujukan untuk bersikap, menentukan pilihan politiknya kelak. Itulah sikap bijak dalam merepons pesan dan kritikan. 

Kita patut meyakini bahwa elite politik yang hanya pandai mengkritik, asal bicara tanpa data, pada saatnya akan ditinggalkan pendukungnya.

Sebaliknya, sedikit bicara, tetapi banyak aksi nyata bagi kemajuan banga, akan digandrungi simpatisannya. Kapan itu terjadi? Jawabnya waktu yang akan menentukan dan dibuktikan saat pencoblosan pilpres ataupun pileg mendatang.

Saatnya menyiapkan diri dengan bersikap bijak agar dicintai rakyat. Bijak berarti senantiasa menggunakan akal budinya, bukan hanya mengandalkan kepandaiannya, kehebatannya, kekuatan dan kekuasaannya.

Maknanya sikap bijak berarti menjauhkan diri dari sifat “Adigang, adigung lan adiguno”

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT