5 Rumah di Desa Sukajaya Bogor Rusak Diterjang Longsor

Rabu, 24 Mei 2023 09:10 WIB

Share
Petugas BPBD Kabupaten Bogor mencatat 5 rumah di Desa Sukajaya Rusak akibat longsor beberapa waktu lalu. (Ist)
Petugas BPBD Kabupaten Bogor mencatat 5 rumah di Desa Sukajaya Rusak akibat longsor beberapa waktu lalu. (Ist)

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak 5 rumah di Desa Sukamulih, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor rusak akibat longsor menerjang. Kejadian itu, besamaan saat hujan deras pada Selasa (23/5/2023) lalu. 

Staff Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, pihaknya melakukan pemantauan dampak longsor terhadap 3 kampung di Desa Sukamulih pada Selasa (23/5/2023) kemarin.

"Tiga kampung tersebut adalah kampung Bojong, RT.01,02/09, Kampung Ciputih, RT.01/01, Kampung Manis RT.01/07, ketiganya terletak di Desa Sukamulih," kata Jalal melalui keterangannya, Rabu (24/5/2023).

Bencana longsor ini terjadi, kata Jalal, diakibatkan oleh hujan deras dengan durasi yang cukup lama di wilayah tersebut dan mengakibatkan tanah yang labil menjadi longsor. 

"Dikarenakan hujan deras yang mengguyur di wilayah dengan durasi yang cukup lama sehingga kondisi tanah yang labil yang menyebabkan tanah longsor sehingga beberapa unit rumah terdampak," paparnya.

 

Akibat longsor tersebut, sedikitnya ada 4 rumah yang berisi 14 jiwa mengalami rusak ringan dan 1 rumah yang diisi oleh 3 jiwa mengalami rusak sedang. "1 unit rumah yang dihuni oleh 6 jiwa pun terancam," ujarnya. 

BPBD pun melakukan upaya mitigasi bencana dengan melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) kebencanaan, melakukan kaji cepat bencana, melakukan analisa dan memberikan edukasi kebencanaan.

"Situasi saat ini longsoran hanya dirapihkan seadanya. Perkiraan hasil analisa di lokasi diperlukan penanganan lebih lanjut oleh dinas terkait, dikhawatirkan apabila hujan turun kembali longsoran akan meluas dan membahayakan penghuni rumah," pungkasnya. (Panca Aji)

 

Reporter: Panca Aji
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar