Makna Meja Sepi Tanpa Makanan di Pertemuan Prabowo-SBY, Padahal saat Anies Melimpah: Luka Itu Belum Hilang!

Selasa, 23 Mei 2023 07:27 WIB

Share
Prabowo bertemu dengan SBY di Pacitan Jawa Timur. Foto: Dok tim media Prabowo.
Prabowo bertemu dengan SBY di Pacitan Jawa Timur. Foto: Dok tim media Prabowo.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Analis politik Adi Prayitno menyinggung pertemuan antara Prabowo Subianto dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan, Jawa Timur yang digelar baru-baru ini.

Menurut Adi Prayitno, pertemuan antara Prabowo dan SBY cenderung kaku. Sebab, duduk berjarak jauh-jauhan, walau saling berhadap-hadapan.

Kekakuan lain dari pertemuan Prabowo dan SBY adalah sepinya meja dari hidangan makanan yang bisa menggambarkan kehangatan, atau cair antar kedua belah pihak.

"Yang bisa kita baca kalau kita menggunakan dialog imajinatif, Prabowo ketika datang akan bilang ini 'Kok sepi banget tak ada hidangan, sementara dirimu waktu halal bihalal dengan Anies penuh dengan gegap gempita, banyak makanan, dan begitu akrab'," kata Adi disitat AKI Pagi, Selasa 23 Mei 2023.

Adi melihat ada makna mendalam sebenarnya yang terjadi antara kedua belah pihak. Apalagi ini adalah komunikasi awal setelah 2019 lalu terjadi deadlock dukungan politik antara Demokrat ke Prabowo. Ketika itu, Demokrat memberikannya secara terpaksa bukan karena keinginan.

"Tapi memang kesan bahwa pertemuan kemarin ini sangat kaku, itu tidak bisa dibantah. Duduk berjauhan. Tetapi pada prinsipnya ini kan komunikasi awal setelah 2019. Selanjutnya ini akan jadi babak awal apakah tawaran-tawaran politik yang dibawa Prabowo Subianto kepada SBY itu akan diterima ataupun tidak," katanya.

Menurut Adi, luka politik Partai Demokrat terhadap Prabowo Subianto di 2019 belum sepenuhnya hilang. Ketika itu Demokrat dinilai kecewa karena Prabowo justru memilih Sandiaga Uno sebagai cawapres karena dianggap memiliki logistik yang cukup luar biasa besar.

"Saya kira luka politik Partai Demokrat yang lalu itu belum sepenuhnya hilang," kata Adi.

Hal inilah yang kemudian membuat Prabowo rela melakukan perjalanan hingga ke Pacitan dan melakukan pertemuan di tempat spesial yakni kampung halaman SBY.

Kata Adi, ini adalah sesuatu yang sebenarnya ingin ditunjukkan, bahwa Prabowo dalam konteks ini, tengah serius membangun komunikasi politik dengan sejumlah tokoh yang memang punya pengaruh penting di negara ini.

Halaman
Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar