Johnny G Plate Ditangkap, Ade Armando Duga Dana Kampanye Anies Jadi Berantakan, Ini Analisanya

Kamis, 18 Mei 2023 09:39 WIB

Share
Ade Armando kaitkan Johnny G Plate dengan Anies Baswedan. Foto: Kolase/Ist.
Ade Armando kaitkan Johnny G Plate dengan Anies Baswedan. Foto: Kolase/Ist.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pegiat media sosial Ade Armando mengkaitkan penahanan Menkominfo Johnny G Plate atas skandal korupsi BTS dengan berdampaknya terhadap pendanaan kampanye Anies Baswedan di kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Ade Armando, ada dugaan dana yang disedot oleh Johnny G Plate ikut mengalir ke proyek-proyek politik Nasdem dalam hal ini termasuk pencapresan Anies Baswedan.

Pernyataan Ade soal dugaan hubungan aliran dana antara Johnny G Plate dengan pencapresan Anies ini disampaikan di saluran Youtube Cokro TV, disitat Kamis 18 Mei 2023.

"Penahanan Menkominfo Johnny G plate tentu meresahkan banyak pihak, salah satu yang mungkin terdampak adalah kampanye pencalonan capres Anies Baswedan," kata dia disitat redaksi.

Kata Ade, logikanya sederhana. Johnny G Plate adalah menteri dari Nasdem yang tersangkut korupsi Rp 8,32 triliun di proyek BTS 5 titik, di Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan NTT. 

Sementara Nasdem merupakan partai pengusung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

"Karena itu diduga keras sebagian dari dana yang diduga disedot dari kas negara itu juga mengalir ke proyek-proyek politik Nasdem, termasuk pencalonan Anies," kata dia.

Ade manduga, hampir pasti Plate tak membackup aksinya seorang diri. Sebab jika anggapan itu benar, maka penelusuran aliran dana dari Plate dinilai bisa saja menjangkau sampai sejumlah nama di Partai Nasdem.
Andaipun tidak, kata dia, pembongkaran korupsi ini akan berdampak pada kondisi keuangan Nasdem.

Padahal di satu sisi, Nasdem saat ini tengah bersiap memasuki proses pemilihan umum yang membutuhkan dana besar termasuk kampanye pencalonan anggota legislatif, dan mendanai pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden.

"Kalau uang dari Plate sekarang terblokir, saya bisa membayangkan betapa sulitnya urusan pendanaan kampanye sang capres," kata dia.

Halaman
Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar