ADVERTISEMENT

Soal Campur Tangan Kekuasaan di Kasus Johnny, Surya Paloh: Kalau Benar, Biar Hukum Alam yang Menjawab!

Rabu, 17 Mei 2023 18:21 WIB

Share
Surya Paloh soroti kasus Johnny G Plate. Foto: Kolase/Ist.
Surya Paloh soroti kasus Johnny G Plate. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengaku tengah dalam masa prihatin usai sang sekjen Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi BTS Kominfo oleh Kejagung.

Menurut Surya Paloh di hadapan media, dirinya sukar menutupi rasa sedihnya mendengar kabar Johnny G Plate menjadi tersangka.

"Kami dalam suasana penuh keprihatinan, kesedihan, yang sukar untuk kami tutupi. Kami berupaya untuk menutupi ini, kami berupaya untuk tetap tegar, bisa tersenyum dengan teman-teman semuanya, kami upayakan untuk itu," kata Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu sore, 17 Mei 2023.

Berkali-kali Surya Paloh menegaskan kalau dirinya tengah dihantam rasa sedih. Bahkan kesedihan itu lagi-lagi dibagikan di hadapan awak media.

"Kalau teman-teman bisa memahami apa yang sesungguhnya ada di dalam diri saya, ada rasa kesedihan, keperihan hati, tak seperti biasanya," kata dia lagi.

Surya Paloh memahami kasus yang menimpa Johnny G Plate bukan kali pertama menimpa Nasdem. Sebab kasus pertama juga pernah menimpa seorang sekjennya terdahulu atas kasus gratifikasi senilai Rp 200 juta.

Akan tetapi untuk kali ini, Surya Paloh mengaku tak bisa menutupi rasa sedih dan berdukanya pada Johnny G Plate.

Soal sikap Partai Nasdem sendiri, Surya Paloh bilang pihaknya akan berkomitmen menjaga prinsip-prinsip hukum yang berkeadilan. Apalagi peran institusi partai politik dianggap harus berada pada garda terdepan untuk memberi kontribusinya dalam proses pengkayaan moralitas di ruang publik.

Sejauh ini Surya enggan memikirkan apakah ada campur tangan kekuasaan dalam penetapan tersangka Johnny G Plate. Dia juga enggan memikirkan intervensi politik atas sikap Nasdem belakangan. Walau terkadang pikiran itu sekelebat muncul, namun Surya Paloh menyebut tak menghiraukan anggapan-anggapan itu.

Karena menurutnya, hal itu tidak benar. "Tetapi kalau benar (ada intervensi politik dan kekuasaan) mungkin hukum alam nanti yang akan menghadapkan pada itu semua." 

Pasca penetapan Johnny G Plate, Surya Paloh meminta pada semua jajarannya di tingkat nasional maupun daerah untuk tetap bekerja seperti biasa.

Surya Paloh juga memberi pesan agar lebih mengedepankan komitmen lewat stabilitas partai yang dikehendaki. "Jangan mudah terprovokasi, jangan kasih tempat siapapun yang ingin adu domba satu sama lain," katanya.

Soal apakah Nasdem akan mengajukan nama baru sebagai pengganti Johnny G Plate usai ditetapkan sebagai tersangka, Surya Paloh tak menghendakinya. Kata dia, semua terserah presiden, karena beliaulah yang memiliki hak prerogatif.

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT