ADVERTISEMENT

Isu Jadi Orang Besar di Balik Anies Baswedan, Jusuf Kalla: Saya Kan Punya Hak Politik

Rabu, 17 Mei 2023 09:59 WIB

Share
Jusuf Kalla Anies Baswedan. Foto: Kolase/Ist.
Jusuf Kalla Anies Baswedan. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla belakangan selalu dikaitkan dengan nama besar di balik pencalonan Anies Baswedan.

Munculnya nama Jusuf Kalla di balik Anies Baswedan dikaitkan dengan Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu. 

Ketika itu Jusuf Kalla secara terang-terangan menyatakan secara terbuka mendukung Anies Baswedan, dan mengaku jika dialah yang melobi Gerindra dan PKS untuk mendukung pencalonan beliau.

Menurut JK, keterlibatannya dalam proses pencalonan Anies di DKI 1 tak terlepas dari kekhawatirannya terhadap Gubernur Jakarta ketika itu Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Menurut dia, Ahok merupakan sosok berbahaya, yang bisa mengancam rasa persatuan.

"Pertama pada waktu itu, saya berpikir Ahok itu berbahaya karena selalu membikin orang bisa saling bertentangan dan susah terjadi persatuan," kata JK di AKI Pagi, disitat Rabu 17 Mei 2023.

Maka itu JK kemudian mencoba mencari alternatif gubernur lain yang dianggap lebih bijak menghadapi persoalan-persoalan yang ada. Dan pilihan itu jatuh pada sosok Anies Baswedan.

"Oke jadi kita pilih pilihan lain, yang lebih memahami masalah-masalah
masyarakat dan juga dapat jadi pemimpin yang wise. Kan berasa banget," katanya.

Jusuf Kalla kemudian menyinggung proses pencalonan Anies Baswedan di kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, dia mendukung karena dalam kacamata hak politik tiap individu dan warga negara. 

Adapun partai awal yang mengusung Anies Baswedan disebutkan yakni Nasdem, dan dia sangat menghormati keputusan itu.

"Kalau ini (Anies) yang mengusulkan karena partai yang pertama yang mengusulkan Nasdem, kita hormati keputusan-keputusan seperti itu. Bahwa saya sebagai warga negara mempunyai hak politik untuk mempunyai pilihan jawaban, bahwa saya mempunyai pilihan," katanya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT