ADVERTISEMENT

IU Dituduh Plagiat 6 Lagu, Agensi Berikan Tanggapan Tegas

Kamis, 11 Mei 2023 11:56 WIB

Share
IU Dituduh Plagiat (Instagram/dlwlrma)
IU Dituduh Plagiat (Instagram/dlwlrma)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kabar mengejutkan menyandung nama penyanyi solo wanita kenamaan Korea Selatan, IU. Diketahui bahwa saat ini, IU tengah dilaporkan terkait kasus plagiarisme. 

Selama hampir 15 tahun karirnya di industri hiburan Kpop, IU harus menghadapi kasus yang membawa namanya dengan dugaan dasar plagiarisme. IU dituduh melakukan plagiat pada enam lagu sekaligus.

Keenam lagu IU yang dikatakan plagiat di antaranya yakni BBIBBI, Good Day, The Red Shoes, Pitiful, Boo, dan Celebrity. Gugatan yang dilaporkan itu berisi tudingan terhadap IU yang telah meniru intro lagu lain untuk lagu-lagu yang disebutkan.

"Pengaduan ini saya ajukan karena saya merasa bermasalah dengan kurangnya kesadaran dan sikap kejaksaan yang tidak wajar terkait penetapan pelanggaran hak cipta dan penghitungan ganti rugi dalam banyak kasus terkait pelanggaran hak cipta," terang pelapor seperti dikutip Kbizoom pada Kamis, 11 Mei 2023.

Menurut sang pelapor, keenam lagu IU memiliki melodi, ritme, dan progresi akord yang sama dengan suara aslinya. Bahkan intro lagu tersebut dikatakan mirip secara keseluruhan hingga timbul dugaan plagiarisme.

"Intro yang mengarah ke suasana keseluruhan dan identitas keseluruhan musik, diduga adanya plagiarisme di keenam lagu tersebut," jelas pelapor.

Menanggapi tudingan yang terus beredar luas, EDAM Entertainment selaku agensi yang menaungi IU akhirnya buka suara.

Agensi tersebut memberikan tanggapannya lewat unggahan di akun Instagram resmi @edam.official pada Rabu, 10 Mei 2023 kemarin.

Dalam unggahan itu, EDAM Entertainment menyatakan bahwa belum menerima informasi resmi tentang laporan yang ada dan saat ini masih proses penyelidikan.

"Saat ini kami belum menerima kontak resmi dari lembaga investigasi. Kami belum memeriksa isi pengaduan resmi yang disebutkan oleh media dan kami informasikan bahwa kami sedang dalam proses mencari tahu informasi tersebut," tulis EDAM Entertainment lugas.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT