ADVERTISEMENT

Susno Bicara Beking Kuat Mafia Pajak Rp 349 Triliun: Kapolri-Jaksa Agung Juga Tak Berani?

Senin, 8 Mei 2023 08:55 WIB

Share
Susno dorong satgas mafia pajak Rp 349 triliun. Foto: Kolase/Ist.
Susno dorong satgas mafia pajak Rp 349 triliun. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Eks Kabareskrim Polri Susno Duadji menyambut baik terbentuknya Satuan Tugas (Satgas) Mafia Pajak Rp 349 triliun yang dibentuk oleh Menkopolhukam Mahfud MD.

Di mana Satgas mafia pajak Rp 349 triliun ini akan melakukan tugasnya, seperti memberikan evaluasi, supervisi dan kemudian memberikan rekomendasi.

Orang-orang yang terlibat di balik satgas mafia pajak Rp 349 triliun dianggap bukan sembarang, karena sepak terjang positifnya, seperti Yunus Husein yang diketahui adalah orang pertama yang membentuk PPATK. Susno Duadji sendiri mengaku pernah menjadi anak buahnya.

Susno meminta salah satu yang disoroti adalah transaksi janggal emas batangan senilai Rp 189 triliun. Kata dia, satgas ini bisa melakukan evaluasi.

"Dari emas, dia (Satgas) bisa masuk, dari pajak itu gede lho. Bukan pajak yang kecil-kecilan kayak kita," kata Susno dalam diskusi virtual Crosscheck, dengan tajuk 'Awas Serangan Balik ke Satgas Mafia Pajak Rp 349 Triliun', disitat Senin 8 Mei 2023.

Susno kemudian menyinggung betapa jumbonya pajak perusahaan-perusahaan besar, seperti dari sektor pertambangan, perkebunan, perusahaan asing, bank asing, dan lain sebagainya.

"Itu pajaknya gede-gede lho, sampai triliun," kata Susno.

Satgas Mafia Pajak Perlu Dukungan Netizen

Sebenarnya seperti disampaikan berbagai pihak, aparat penyidik bukan tak mampu mengungkap kebusukan itu semua. Artinya bukan persoalan ilmu pengetahuan atau pendidikan yang kurang dari para penyidik.

Sebab seorang brigadir saja dianggap mampu untuk mengungkapnya. Akan tetapi persoalannya adalah beking kuat di belakang itu semua. Karena bagaimanapun terbukanya info didapat, selama beking itu sangat kuat, penyidik akan menemui kesulitan.

"Persoalannya siapa di belakang itu mafia pajak? Jangan-jangan Kapolrinya, jangan-jangan Jaksa Agungnya juga engak berani," kata Susno.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
3 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT