ADVERTISEMENT

Ini Daftar Pejabat yang Danai KKB Buat Beli Senjata, Polisi: Kita Akan Masuk ke Mereka

Minggu, 7 Mei 2023 05:50 WIB

Share
Militer KKB dianggap sebagai tentara. Foto: Dok Ist.
Militer KKB dianggap sebagai tentara. Foto: Dok Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengungkapkan daftar pejabat daerah yang sudah danai aktivitas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Keterangan Kapolda soal daftar pejabat danai KKB ini disampaikan usai Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 menangkap Kepala Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, berinisiaal MM (37).

Dia adalah salah satu pejabat danai KKB di daerah, di mana pada akhir April 2023 lalu, diduga ikut memberikan dana Rp 30 juta untuk dibelikan senjata dan amunisi kepada pimpinan KKB Egianus Kogoya di wilayah Nduga.

Kapolda Papua memastikan bahwa aparat keamanan tidak akan berhenti menindak selama masih ada indikasi pejabat daerah lain yang terlibat dalam kegiatan serupa. Bahkan dia juga mengungkap daftar pejabat danai KKB yang termasuk kepala kampung dan pejabat di pemerintah kabupaten.

"Ada Kepala Distrik, Kepala Kampung, ada juga di pemerintah kabupaten. Kepala Distrik Kenyam bukan satu-satunya, banyak yang terlibat dan kita kembangkan terus. Kita akan masuk ke mereka-mereka ini supaya mereka berhenti menyokong kegiatan KKB," ujar dia, di Jayapura, Jumat 5 Mei 2023.

Fakhiri menambahkan bahwa pergerakan KKB tidak akan bisa dihentikan selama para pendukungnya, khususnya pejabat daerah ikut memberikan dukungan anggaran, tetapi belum ditindak. 

Oleh karena itu, ia meminta agar para pejabat yang selama ini memberikan dukungan kepada KKB untuk segera menghentikan praktik tersebut. 

Ada yang memberikan bantuan secara langsung dengan sadar, dan ada juga yang tidak menyadari bahwa uang yang mereka berikan mengalir ke kelompok tersebut, jelas Kapolda.

"Ada yang membantu uang, baik secara langsung dia pahami, ada juga yang mungkin dia tidak tahu kalau uang itu mengalir ke kelompok-kelompok ini," kata dia.

Sementara itu Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Faizal Ramadhani, mengatakan bahwa MM telah dibawa ke Mimika, Papua Tengah, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT