ADVERTISEMENT

Bus TNI AL Terobos Perlintasan Kereta Api di Malang, Begini Kronologinya

Jumat, 5 Mei 2023 18:55 WIB

Share
Penampakan Bus TNI AL terobos kereta. (Kolase/Ist)
Penampakan Bus TNI AL terobos kereta. (Kolase/Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Video dua bus TNI AL terobos perlintasan kereta api viral di media sosial dan menggemparkan netizen.

Bus TNI AL yang terobos perlintasan kereta api itu diketahui merupakan milik Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya.

Video penerobosan dua bus TNI AL di perlintasan kereta api itu pertama kali diunggah oleh akun twitter @sahabat_kereta pada Kamis, 4 Mei 2023.

Dalam video yang beredar itu, terlihat dua bus milik TNI AL yang berwarna abu-abu menerobos perlintasan kereta api.

Kedua bus tersebut pun hampir saja tertabrak lokomotif kereta api yang sedang melintas karena jarak bus dan kereta yang sudah sangat dekat sekali.

"Detik-detik 2 unit bus TNI AL menerobos perlintasan kereta api di Jalan Kolonel Sugiono, Malang, Pos PJL 78 dekat Stasiun Malang Kotalama," isi keterangan video tersebut.

Akun tersebut juga mengingatkan kepada masyarakat agar mematuhi peraturan yang ada dan selalu berhati-hati saat berkendara.

"Mengimbau kepada seluruh pengguna jalan raya sesuai UU 23 tentang Perkeretaapian wajib mendahulukan perjalanan kereta api. Utamakan keselamatan," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, TNI AL mengatakan bahwa bus tersebut membawa 40 penumpang calon siswa TNI AL dari Mako Lantamal V dan hendak menuju ke Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan TNI Angkatan Laut (Lapetal)Malang.

Tak ketinggalan, pihak KAI pun turut buka suara terkait peristiwa yang sedang terjadi ini.

"KAI Daop 8 mengingatkan kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor yang akan melewati perlintasan sebidang KA, untuk mematuhi dan wajib mendahulukan perjalanan KA. Hal ini dapat membahayakan perjalanan KA dan pengguna jalan raya itu sendiri," kata Managet Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif seperti yang dikutip pada Jumat (5/5/2023).

Saat ini, dua supir bus TNI AL yang terobos perlintasan kereta api tersebut tengah diperiksa oleh Polisi Militer Angkatan Laut (Polmal).

ADVERTISEMENT

Reporter: Kamila Sayara Avicena
Editor: Kamila Sayara Avicena
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT