ADVERTISEMENT

Golkar-Demokrat Sepakat Pemilu di Indonesia Bukan 'The Winner Take It All', Apa Maksudnya?

Minggu, 30 April 2023 06:29 WIB

Share
Pertemuan Partai Demokrat dan Golkar di Cikeas, Bogor. Foto: Poskota/Panca Aji.
Pertemuan Partai Demokrat dan Golkar di Cikeas, Bogor. Foto: Poskota/Panca Aji.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Golkar dan Demokrat setuju bahwa pemilu bukanlah 'The Winner Take It All'.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa partainya bersama dengan Partai Demokrat sama-sama menyetujui bahwa pemenang pemilu bukanlah yang memenangkan segalanya atau the winner take it all. 

"Ke depan, Partai Golkar dan Demokrat sepakat bahwa Pemilu itu bukan the winner take it all, tapi kita ingin Indonesia raya," ungkap Airlangga di Cikeas Bogor, Sabtu (29/4/2023).

Menurut Airlangga, konsep the winner take it all merupakan budaya politik yang kebarat-baratan dan tak cocok dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila. 

"Kita bukan seperti di Amerika, demokrasi yang ke barat-baratan itu demokrasi yang the winner take itu all, sedangkan kita demokrasi pancasila, jadi siapapun yang menang, mari kita bersama-sama membangun negeri," terangnya.

Airlangga mengaku, ia menginginkan terwujudnya pesta politik yang bahagia di Indonesia, dengan tidak saling memecah-belah satu sama lain.

"Karena yang paling kita khawatirkan kalau bangsa ini terbelah dengan politik identitas, kalau di ekonomi ada istilah namanya scare, ada luka yang mendalam, demikian juga politik ada luka yang mendalam dan tidak dalam waktu dekat dia sembuh, nah ini yang ingin kita tinggalkan," tuturnya.

Ia mengingatkan bahwa partainya dengan Partai Demokrat sepakat bahwa sebelum dan setelah Pemilu tetap bersama membangun negeri.

Sementara, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku sepakat dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk tidak ada eksploitasi politik identitas di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Tadi Pak Airlangga betul sekali mengingatkan kepada kita semua jangan sampai Pemilu 2024 ini seperti ada pembelahan atau benturan keras antara anak bangsa sendiri," kata AHY.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT