ADVERTISEMENT

BPBD Pandeglang Petakan Jalur Evakuasi di Wilayah di Daerah Rawan Bencana

Minggu, 30 April 2023 11:27 WIB

Share
Tim BPBD Pandeglang saat melakukan pemetaan jalur evakuasi. (Foto: Ist).
Tim BPBD Pandeglang saat melakukan pemetaan jalur evakuasi. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID –   Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, melakukan pemetaan jalur evakuasi di empat desa di wilayah Kecamatan Labuan yang rawan bencana.

Ke empat desa tersebut diantaranya Desa Cigondang, Teluk, Caringin dan Desa Labuan. 

Sekretaris BPBD Pandeglang, Rahmat Zultika mengungkapkan, jika pihaknya bersama BNPB telah melakukan pemetaan dan menentukan jalur evakuasi dan titik kumpul masyarakat. 

"Hal ini penting, supaya masyarakat tahu dan faham apabila terjadi bencana alam. Sehingga nantinya warga bisa menghindari bencana melalui jalur evakuasi," ungkapnya, Minggu (30/4/2023). 

Dikatakannya, penentuan titik dan rambu-rambu jalur evakuasi sangatlah penting dalam membangun kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam. 

"Sehingga resiko atau korban bencana dapat diminimalisir. Untuk itu, jalur evakuasi ini perlu diketahui dan difahami oleh masyarakat," katanya. 

Di Pandeglang ini lanjut dia, banyak wilayah yang berdekatan dengan garis pantai, seperti wilayah Kecamatan Labuan. Sehingga masuk dalam zona rawan bencana terutama Tsunami.

"Bencana tidak pernah terduga datangnya. Namun kesiapsiagaan perlu kita jaga, salah satunya dengan pemetaan titik-titik dan jalur evakuasi," ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Cepi menuturkan, pemetaan jalur evakuasi sebagai upaya dalam meminimalisir resiko jika terjadi bencana ini penting. Apalagi desanya sendiri dekat dengan garis pantai. 

"Supaya masyarakat kami tahu titik-titik dan jalur evakuasi ini. Karena bencana tidak bisa kita prediksi datangnya kapan, namun mudah-mudahan bencana itu tidak terjadi," tandasnya. (Samsul Fatoni).

ADVERTISEMENT

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT