ADVERTISEMENT

Waspada Fintech Bodong, Yuk Manfaatkan Kredit Jangka Pendek di bank bjb

Sabtu, 29 April 2023 12:49 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BANDUNG, POSKOTA.CO.ID – Minat masyarakat memperoleh akses pinjaman dari perusahaan perbankan dari tahun ke tahun menunjukkan tren meningkat. Itu juga yang memicu bermunculannya sejumlah lembaga keuangan dengan menawarkan pinjaman uang dengan nominal besar.

Peminjaman uang yang besar ini memiliki jangka waktu pengembalian yang bervariasi. Lembaga keuangan yang bermunculan tersebut lebih banyak didominasi oleh lembaga non-bank. Lembaga non-bank ini sebagian besar merupakan perusahaan finansial teknologi atau yang dikenal sebagai perusahaan fintech. 

Tidak semua lembaga non-bank perusahaan finansial teknologi (fintech) ini aman dalam pemberian kredit jangka pendek untuk nasabahnya. Terkadang bunga yang diberikan oleh lembaga keuangan non-bank perusahaan finansial teknologi (fintech) ini memberatkan para nasabahnya. Sehingga orang-orang sering kali kesusahan dalam mengembalikan pinjaman. 

Tapi jangan khawatir karena ada bank bjb yang hadir memberikan fasilitas pinjaman kredit jangka pendek yang menguntungkan nasabahnya. Fasilitas pinjaman tersebut berupa bjb Kredit Jangka Pendek.

“Keuntungan yang didapatkan dari bjb Kredit Jangka Pendek ini ada dua. Keuntungan tersebut berupa pencairan dana yang cepat dan jangka waktu pengembalian atau yang disebut tenor yang pendek,” jelas Pemimpin Divisi Corporate bank bjb, Widi Hartoto.

Kredit jangka pendek, ialah salah satu jenis pinjaman memiliki jangka waktu pelunasan yang pendek. Jangka waktu pelunasan yang pendek tersebut tidak lebih dari 1 tahun. Untuk paling lama jangka waktu pinjaman dari kredit jangka pendek ini yaitu 2 tahun. Kredit Jangka Pendek ini memiliki banyak fungsi yang sering dimanfaatkan oleh para penggunanya. 

Salah satunya digunakan untuk mengalirkan utangnya. Utang ini dialirkan sebagai modal usaha dagang. Akan tetapi saat ini banyak masyarakat yang menggunakan fasilitas pinjaman kredit jangka pendek untuk menutupi kebutuhan harian. Kebutuhan harian atau yang disebut kebutuhan primer tersebut beragam bentuknya. 

Contoh kebutuhan harian atau primer tersebut seperti biaya pendidikan anak atau biaya hidup sehari-hari. bjb Kredit Jangka Pendek ini merupakan fasilitas kredit yang diberikan bank bjb untuk para nasabahnya. Untuk jangka waktu dalam bjb Kredit jangka Pendek ini memiliki jangka waktu pendek. 

Media penarikan dalam bjb Kredit Jangka Pendek ini berupa promes atau janji bayar. Menurut Kamus Bahasa Indonesia istilah promes atau janji bayar ialah suatu surat berharga yang menjadi bukti utang piutang. Promes atau janji bayar ini perjanjian natara pihak debitur dan krediturnya.

Untuk bjb Kredit Jangka Pendek ini yang menjadi debitur adalah nasabah yang menggunakan fasilitas pinjaman,sedangkan yang menjadi kreditur adalah bank bjb.  Nama lain dari promes ini selain janji bayar yaitu surat sanggup bayar. Promes ini akan diperingkatkan oleh suatu Lembaga Pemeringkat. Untuk promes ini secara hukum tidak bisa diperjualbelikan.  

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Fernando Toga
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT