ADVERTISEMENT

Selain India, Thailand Juga Dilanda Cuaca Panas Ekstrem 52 Derajat Celcius

Kamis, 27 April 2023 11:15 WIB

Share
Ilustrasi cuaca panas.(Ist)
Ilustrasi cuaca panas.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

INDIA, POSKOTA.CO.ID – Cuaca panas ektrem melanda negara India dalam sebulan terakhir. Cuaca panas ekstrem ini tidak hanya membuat telur ceplok matang tanpa panas api, tapi juga membuat aspal jalanan meleleh akibat suhu panas matahari.

Dikutip dari Laman Times Of India pada Selasa (25/4/2023) kemarin, cuaca panas tersebut berimbas aspal jalanan di India meleleh yang menghubungkan jembatan Chandra Shekhar Azad menuju Adajan Patiya kota Surat. Aspal melelh tersebut memaksa para pengendara lebih berhati-hati agar tidak tergelincir.

Cuaca panas India, Tampak para pemotor terlihat bannya menempel aspal meleleh di bannya. Para pengguna jalan di kota Surat dan Ahmedabad, negara bagian Gujarat tidak hanya harus bergulat dengan cuaca panas ekstrem, tapi harus berhati-hati saat berkendara di jalan yang aspalnya meleleh terkena panas.

Selain pengendara, para pejalan kaki juga mengeluh karena alas kaki mereka menempel ke jalan. Pejabat Korporasi Wali Kota Surat (SMC) kemudian menebarkan tanah di jalan setelah video aspal yang meleleh tersebut viral akibat cuaca panas ekstrem.

"Kualitas material yang digunakan dan proses yang dilakukan sesuai dengan standar. Setelah menebarkan lapisan tanah kerikil, masalah tersebut diharapkan segera teratasi," jelas SMC.

Sementara di kota Ahmedabad, aspal meleleh di sepanjang 1,5 km jalan Sudram Nagar di Gomtipur. Fenomena ini juga terjadi bulan lalu. 

Cuaca panas yang begitu ekstrem beberapa waktu terakhir. bahkan sampai menewaskan ribuan orang di India dan memangkas hasil panen hingga membakar tempat pembuangan sampak di Delhi serta menyebabkan asap beracun.

Di negara bagian Uttar Pradesh, India, suhu panas mencapai 115 derajat Fahrenheit atau sekitar 46,1 derajat Celcius. Saking panasnya, ada sekitar 300 kasus kebakaran hutan yang terjadi di India. Selain itu aspal di jalanan India meleleh salah satunya terjadi di Kota Ahmedabad.

Kejadian aspal meleleh ini menjadi kali pertama di kota tersebut. Pada bulan lalu aspal di Jalan Sudram Nagar juga sempat meleleh sepanjang 1,5 kilometer.

"Sudah ada beberapa pekerjaan pelapisan ulang jalan di kota selama sebulan terakhir. Tapi jalan Sudram Nagar nampaknya menjadi satu-satunya jalan di kota yang aspalnya mencair," kata petugas SMC dikutip dari Times of India.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Novriadji Wibowo
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT